Cara Daftar Kartu Prakerja Online untuk Gelombang 20

Siti Nur Aeni
6 September 2021, 18:33
Persiapan Gelombang 20, Begini Cara Daftar Kartu Prakerja Online
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, Senin (20/4).

Kartu prakerja adalah sebuah program untuk mengembangkan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang diperuntukan khususnya bagi para pencari kerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK). Selain itu, program ini juga ditujukan untuk masyarakat yang membutuhkan program peningkatan kompetensi.

Tahun ini, kartu prakerja akan masuk gelombang ke-20. Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 20 ini diketahui akan segera dibuka.

Bagi Anda yang ingin mendaftarkan diri dalam program ini, pastikan telah mengetahui syarat dan cara daftar kartu prakerja terlebih dahulu. Berikut ini penjelasannya.

Syarat Daftar Kartu Prakerja

Setidaknya ada enam syarat yang harus Anda penuhi ketika ingin mendapatkan bantuan ini. syarat-syarat tersebut antara lain:

  1. Warga negara Indonesia (WNI).
  2. Berusia minimal 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal.
  3. Pemohon merupakan pencari kerja, korban PHK, atau wirausaha.
  4. Pemohon bukan anggota TNI/Polri, aparatur sipil negara (ASN), anggota DPR/DPRD, BUMN/BUMN, kepala desa dan perangkat desa, serta pejabat BUMN/BUMN.
  5. Tidak sedang mendapatkan bantuan pemerintah dalam bentuk bantuan langsung tunai (BLT), bantuan bagi pelaku usaha mikro (BPUM), atau bantuan lain.
  6. Satu kartu keluarga (KK) hanya boleh maksimal dua nomor induk kependudukan (NIK) yang menjadi penerima bantuan prakerja.

Cara Daftar Kartu Prakerja Online

Setelah syarat-syarat tersebut terpenuhi, Anda bisa langsung melakukan pendaftaran. Caranya sangat mudah karena pemohon bisa langsung mendaftarkan diri secara daring atau online.

Tidak perlu datang ke kelurahan atau kantor pemerintahan lainnya. Berikut ini cara daftar kartu prakerja mulai dari pembuatan akun sampai pemilihan gelombang.

Pembuatan Akun

Tahapan pertama yang harus dilakukan, yaitu mendaftar akun terlebih dahulu. Yang perlu dipersiapkan untuk membuat akun yaitu alamat surat elektronik atau email yang masif aktif.

Jika belum memiliki email, silakan membuatnya terlebih dahulu. Adapun langkah-langkah untuk membuat akun prakerja, sebagai berikut:

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...