Indonesia-Belgia Teken Kerjasama Peningkatan Kesehatan Hewan Ternak

Cahya Puteri Abdi Rabbi
22 September 2021, 08:41
Indonesia, Belgia, hewan
ANTARA FOTO/Saiful Bahri/hp.
Petugas memeriksa sapi ternak sebelum diberi pakan di Desa Samatan, Pamekasan, Jawa Timur, Kamis (1/4/2021). Sejumlah petani di desa itu membangun kelompok tani (Poktan) "Rahayu" berbasis ternak sapi potong dan menjalin kemitraan dengan berbagai pihak guna meningkatkan akselerasi usaha tersebut. Indonesia dan Belgia sepakati kerjasama peningkatan kualitas dan keamanan hewan ternak

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo bersama Menteri Usaha Kecil, Wiraswasta, SME dan Pertanian Belgia David Clarinval, menandatangani Pernyataan Kehendak atau Letter of Intent (LoI) untuk penguatan kerja sama peternakan di bidang kualitas dan keamanan kesehatan hewan antara Indonesia dan Belgia.

Menteri kedua negara sepakat untuk meningkatkan kerja sama yang sudah ada dengan kolaborasi lanjutan di bidang peternakan. Kolaborasi tersebut meliputi manajemen pemeliharaan dan standar sanitasi untuk peternakan Belgian Blue di Indonesia.

 Belgian Blue sendiri merupakan sapi yang berasal dari Belgia Tengah yang memiliki karakteristik unggul, yaitu memiliki otot ganda (double muscle), temperamen jinak dan mudah dalam penanganan.

“Kita harapkan kerja sama ini dapat membantu fasilitasi akses pasar komoditas pertanian, pengembangan kapasitas, kerja sama teknis, dan penelitian bersama antara kedua pihak,” kata Syahrul dalam keterangan resminya, dikutip Rabu (22/9).

Indonesia menikmati surplus perdagangan dengan Belgia, terutama dari ekspor kopi, karet, tembakau, minyak kelapa sawit, kelapa, dan kakao. Sementara Belgia juga turut menikmati peningkatan ekspor ke Indonesia pada produk susu, mentega, dan lainnya seperti kentang dan gandum. 

“Kita menyambut tren peningkatan perdagangan di antara kedua negara ini,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...