Belgian Blue untuk Raih Swasembada Daging Sapi

Image title
Oleh
20 September 2018, 08:40
Sapi Belgian Blue
Katadata

Bogor - Puluhan sapi jenis unggul Belgian Blue tampak dilepas di padang penggembalaan lereng Gunung Salak di salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Kementerian Pertanian. Lokasi itu merupakan Balai Embrio Ternak (BET) Cipelang, Bogor. Sejak mulai dikembangkan  pada 2016, sapi-sapi Belgian Blue berkembang biak dengan baik dan digadang-gadang menjadi masa depan swasembada sapi di Indonesia.  Sampai September 2018, sudah ada 43 ekor kelahiran sapi Belgian Blue dari hasil inseminasi buatan maupun hasil transfer embrio.

 

Pada 10 September 2018 lalu, lahir pedet kelima hasil transfer embrio yang diberi nama Bimasakti.

"Bimasakti adalah pedet ke lima jenis Belgian Blue murni, keturunan dari pejantan Folon De Cras Avernas dan induk Judy Van Daisel," kata Sugiono, Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak saat berkunjung ke BET Cipelang, Bogor pada Rabu (19/09/2018). Program pengembangan sapi jenis ras baru Belgian Blue ini merupakan instruksi dari Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman sebagai upaya pemenuhan kebutuhan daging dan bibit sapi unggul nasional. Belgian Blue memang bukan sapi biasa, pertambahan bobot badannya tinggi sekali, per hari bisa mencapai 1 - 1,5 kg.

 

Sejak dicanangkannya, Kementan menargetkan kelahiran 1.000 pedet Belgian Blue pada  2019, baik melalui Inseminasi Buatan maupun transfer embrio. “Berdasarkan informasi dari masing-masing UPT bahwa pada tiga bulan ke depan, mulai Oktober, November dan Desember 2018, merupakan bulan-bulan yang dinanti untuk kelahiran,” ungkap Sugiono. 

Sapi yang dilaporkan bunting dari hasil transfer embrio saat ini sudah ada 126 ekor, sedangkan sapi yang bunting dari hasil inseminasi saat ini sebanyak 145 ekor.

 

Saat ini pengembangan sapi Belgian Blue masih bersifat tertutup di 11 UPT lingkup Kementerian Pertanian, dengan beberapa kajian yang dilakukan oleh peneliti dan tim pakar pendukung. Program ini dilaksanakan melalui kerjasama antara Ditjen PKH, Badan Litbang Pertanian, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, dan Perguruan Tinggi.

 

Seribu Cara Untuk Seribu Belgian Blue

 

Halaman:
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...