Daftar Negara Terkecil di Dunia, Berapa Luasnya?

Siti Nur Aeni
4 Oktober 2021, 12:52
Daftar Negara Terkecil di Dunia, Berapa Luasnya?
ANTARA FOTO/REUTERS/Remo Casilli/nz/cf
Remo Casilli Suasana St. Peter's Square setelah Vatikan melaporkan kasus pertama virus korona baru di Vatikan, Jumat (6/3/2020).

Batas wilayah merupakan hal yang penting untuk sebuah negara. Namun setiap negara memiliki batas wilayah berbeda. Ada negara yang memiliki luas wilayah besar, namun ada juga negara yang wilayahnya kecil.

Daftar Negara Terkecil di Dunia

Definisi negara terkecil di dunia adalah negara yang memiliki luas wilayah sempit atau kecil. Mengutip dari cnnindonesia.com, berikut ini beberapa daftar negara terkecil di dunia.

1. Vatikan

Negara terkecil pertama yaitu Vatikan. Luas negara ini hanya mencapai 0,44 kilometer persegi saja. Sedangkan jumlah penduduknya hanya ada 1000 jiwa. Negara ini juga mendapat julukan sebagai negara “enklave” karena terletak di dalam negara lain yaitu Italia.

Meskipun kecil, namun negara ini selalu ramai. Banyak orang datang ke negara ini karena Vatikan merupakan destinasi ziarah. Hal lain yang menjadi ciri khas negara ini yaitu  sistem pemerintahannya yang berdasarkan agama. Sistem pemerintahan seperti itu disebut juga dengan sisetm pemerintahan Teokrasi.

2. Monako

Mungkin kita pernah mendengar negara ini. monako berada di Benua Eropa dan dikelilingi oleh Prancis. Letaknya ada di daerah perbukitan menghadap langsung ke Laut Mediterania.

Luas Monako hanya sekitar 2,02 kilometer persegi. Meskipun kecil, namun penduduk Monako cukup banyak yakni sekitar 30 ribu jiwa.

3. Liechtenstein

Negara kecil berikutnya juga ada di Benua Eropa. Namanya yaitu Liechtenstein dengan luas hanya 160 km persegi. Populasi penduduk di negara ini juga cukup tinggi yaitu sebanyak 37 juta jiwa.

Negara ini dipimpin oleh perdana menteri dan penduduknya sebagian besar beragama Katolik Roma. Ketika datang ke negara ini, Anda akan merasaka pengaruh dari Jerman, Swiss, dan Austria. Hal tersebut karena sebagian penduduknya berasal dari ketiga negara tersebut.

4. Nauru

Negara terkecil di dunia 2021 selanjutnya yaitu Nauru. Letaknya ada di Benua Australia. Negara ini hanya memiliki wilayah dengan luas 21 km persegi. Penduduknya ada sekitar 9.540 jiwa.

Meskipun kecil, namun negara ini masuk dalam kategori negara kaya. Hal ini karena Nauru pernah memiliki pertambahan fosfat yang melimpah.

Namun sayangnya, pertambangan tersebut membuat wilayah di negara ini mengalami kerusakan. Dan fosat merupakan kekayaan alam yang sulit diperbaharui, sehingga ketika terus menerus ditambang jumlanya menjadi berkurang.  

5. Tuvalu

Tuvalu atau ada juga yang menyebutnya sebagai Kepulauan Ellice. Letaknya di antara Hawaii dan Australia, lebih tepatnya di Samudera Pasifik.

Negara ini hanya memiliki luas 26 km persegi. Penduduknya hanya ada 10 ribu jiwa. Dataran negara ini lebih rendah dibandingkan dengan lautnya. Jadi, ketika air laut naik penduduk di Tuvalu terancam keselamatannya.

Negara dengan Pertumbuhan Penduduk Terkecil

Selain luas wilayah, hal lain yang masih berhubungan dengan stabilitas sebuah negara yaitu jumlah penduduk. Umumnya semakin bertambahnya waktu, maka jumlah penduduk akan meningkat. Namun ternyata ada juga negara-negara yang justru mengalami penurunan jumlah penduduk.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...