Jokowi: Kawasan Industri Hijau Pertama Dibangun di Kaltara November

Rizky Alika
13 Oktober 2021, 17:03
Jokowi, industri hijau, industri
Katadata
Presiden Joko Widodo saat meninjau mangrove di Kabupatehn Badung, Bali, Jumat (8/10). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo menyapaikan bahwa kawasan industri hijau akan dibangun di Kalimantan Utara mulai November. Jokowi juga mengklaim bahwa kawasan tersebut merupakan green industrial park pertama di dunia.

Green industrial park itu memiliki luas 20 ribu hektare. Sedangkan pasokan energi di kawasan tersebut akan menggunakan pembangkit tenaga air dari Sungai Kayan.

"Kita nanti bulan depan juga memulai membangun green industrial park dengan produk energi hijau," kata Jokowi dalam pengarahan kepada peserta Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) XXIII dan alumni Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXII 2021 Lemhanas di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (13/10).

Seluruh industri di wilayah tersebut akan menggunakan energi baru terbarukan. Kawasan itu dibangun lantaran negara-negara di dunia diperkirakan enggan membeli produk dari industri yang menggunakan energi batu bara pada 10 tahun mendatang.

"Semua mengarah ke sana sehingga kita harus mendahului," ujar Jokowi.

Jokowi mengklaim, saat ini sudah ada banyak industri yang berminat masuk di green industrial park tersebut. "Yang memesan kawasan ini sudah banyak yang mengantre karena mereka tahu energi yang dipakai energi hijau," ujar dia.

Pembangunan kawasan industri hijau ini sempat disinggung Jokowi saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim atau Leaders Summit on Climate April lalu. Ia mengatakan, Indonesia sedang mempercepat proyek percontohan net zero emission.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...