Komodo Hewan Endemik yang Terancam Punah

Siti Nur Aeni
19 Oktober 2021, 18:13
Sejumlah pengunjung melihat Komodo di Pulau Komdo salah satu destinasi favorit di Labuan Bajo, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Pandemi COVID-19 yang menghantam sektor pariwisata, membuat pemerintah terus melakukan penataan di kawasan Labuan Bajo denga
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Sejumlah pengunjung melihat Komodo di Pulau Komodo salah satu destinasi favorit di Labuan Bajo, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Pandemi COVID-19 yang menghantam sektor pariwisata, membuat pemerintah terus melakukan penataan di kawasan Labuan Bajo dengan harapan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan pariwisata yang menurun saat ini. Selain itu, pemerintah juga telah mewujudkan digitalisasi industri pariwisata di lima destinasi pariwisata super prioritas salah satunya adalah Labuan Bajo.

Komodo menjadi salah satu hewan langka yang dilindungi. Populasi reptil besar yang satu ini memang tidak banyak. Menurut data Badan Pusat Statistik jumlah komodo pada tahun 2017 sebanyak 5.954 ekor. Maka tak heran jika akhirnya Uni Internasional untuk Konservasi Alam (UICN) mengubah status komodo dari rentan menjadi terancam punah.

Klasifikasi Komodo

Komodo berasal dari Asia atau Australia. Namun hewan besar bernama latin Varanus komodoensis banyak ditemukan di Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Gili Motang, dan sebagian kecil di utara serta barat Flores.

Menurut World Conservation Monitoring Centre, hewan ini memiliki klasifikasi sebagai berikut:

  • Kerajaan: Animalia
  • Divisi: Chordata
  • Kelas: Reptilia
  • Bangsa: Squamata
  • Suku: Varanidae
  • Marga: Varanus
  • Jenis: Varanus komodoensis Ouwens, 1912

Ciri-ciri Komodo

Hewan ini memiliki ciri yang mudah dikenali. Secara sekilas hewan ini mirip seperti biawak namun ukurannya lebih besar. Mengutip dari Skripsi yang dipublikasi dalam repository.uinjkt.ac.id, berikut ini penjelasan mengenai ciri-ciri komodo.

1. Bentuk dan Ukuran Tubuh

Bentuk tubuh komodo mirip seperti biawak namun ukurannya lebih besar dan panjang. Tubuh komodo dewasa diketahui memiliki panjang hingga 3 meter dengan bobot lebih dari 100 kilogram.

Badan komodo lebih panjang dan lebih besar dibandingkan kepalanya. Ukuran ekornya juga sama panjang dengan tubuhnya. Komodo memiliki bentuk kepala memanjang seperti kadal dengan mata kecil, dan mulut sedikit memanjang ke belakang.

Kepala komodo betina bentuknya sedikit lebih konjong dibandingkan komodo jantan. Kepala komodo jantan juga lebih besar dengan bentuk sedikit membulat.

2. Kulit

Warna kulit komodo cokelat – kuning kehitaman dan memiliki sisik kasar. Lapisan sisik tersebut membuat kulit hewan ini menjadi keras.

Selain dipenuhi sisik, kulit komodo juga terdapat lipatan di bagian leher, ketiak, bagian depan dan paha belakang. Pada komodo yang masih muda, memiliki warna kaki kehitaman dengan bintik menonjol.

3. Mulut

Hewan endemik Indonesia ini memiliki 60 gigi yang tajam dan bergerigi dengan panjang kurang lebih 2,5 sentimeter. Dalam organ mulutnya, komodo akan menghasilkan air liur yang bercampur darah karena giginya terlapisi jaringan gusi. Jaringan tersebut berfungsi untuk menghancurkan makanan.

Direktorat Perlindungan dan Pengawetan Alam juga menjelaskan karakteritsik dari hewan ini berdasarkan kategori komodo.

  • Komodo muda: panjang badan dari ujung kepala sampai ekor kurang lebih 1meter. Warna kulit cokelat muda hingga gelap dengan garis merah muda atau kuning.
  • Komodo dewasa: panjang badan totoal sekitar 1 – 2 meter. Warna kulitnya cokelat sedikit tua dan garis badan hampir hilang.
  • Komodo tua: panjang badan total lebih dari 2 meter. Warna kulitnya cokelat tua sampai kelabu hingga kehitaman.

Habitat Komodo

Hewan berukuran besari ini bisa tinggal di daerah yang sesuai dengan kebutuhan hidupnya. Melansir dari e-journal.uanjy.ac.id, habitat komodo harus memiliki suhu antara 23 – 400C dengan kelembaban sekitar 45 – 75%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...