Pulau Komodo, Tempat Wisata Eksotis di Nusa Tenggara Timur

Siti Nur Aeni
19 Oktober 2021, 13:28
Pulau Komodo, Tempat Wisata Eksotis di Nusa Tenggara Timur
ANTARA FOTO/HENDRA NURDIYANSYAH
Wisatawan melihat satwa Komodo (Varanus Komodoensis) di Pulau Rinca, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (17/1). Menurut data Taman Nasional Komodo (TNK) kunjungan wisatawan di salah satu destinasi wisata unggulan nasional ini meningkat lebih dari 120.000 orang dengan pendapatan Rp27 miliar selama tahun 2017.

Taman nasional menjadi tempat pelestarian keanekaragaman hayati yang dapat dikunjungi sebagai tempat wisata. Ada banyak taman nasional di Indonesia salah satunya Taman Nasional Komodo. Taman nasional ini memilik tiga pulau besar yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar. Selain itu ada juga pulau kecil seperti Pulau Gili Motang dan Pulau Nusa Kode.

Taman nasional ini sudah menjadi destinasi wisata andalan Indonesia. Namun pada semenjak pandemi, jumlah pengunjung taman nasional ini mengalami penurunan hingga 76%. %. Hal tersebut disebabkan adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan penutupan aktivitas untuk mencegah penularan Covid-19.

Sejarah Taman Nasional Komodo

Taman nasional ini memiliki sejarah tersendiri. Menurut penjelasan di ksdae.menlhk.go.id, Taman Komodo merupakan taman nasional tertua di Indonesia. Kawasan ini berdiri sejak 6 Maret 1980 dengan luas 173.000 hektare.

Taman Nasional Komodo pernah mendapatkan beberapa penghargaan internasional. Diantaranya Man and Biosphere Reserve pada 1977, World Heritage Site tahun 1991, dan The New 7 Wonder of Nature tahun 2011.

Kawasan ini merupakan habitat bagi hewan langka yaitu komodo. Berdasarkan data pada tahun 2018 jumlah komodo di taman nasional ini sebanyak kurang lebih 2.872 ekor. Sehingga tak heran jika tempat yang paling terkenal dari kawasan ini yaitu pulau komodo.

Keindahan Pulau Komodo

Pulau Komodo terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Destinasi wisata andalan ini memiliki pesona tersendiri. Beberapa keindahan yang bisa Anda nikmati saat berkunjung ke tempat ini antara lain:

1. Keankeragaman hayati

Menurut penjelasan dalam ksdae.menlhk.go.id, kawasan taman nasional ini memiliki beberapa spesies hewan dan tumbuhan. Selain terkenal sebagai tempat tinggal komodo, kawasan ini juga memiliki 277 spesies lain yang hidup didalamnya.

Fauna yang terdapat di tempat tersebut berasal dari kawasan Asia dan Australia. Terdapat 32 mamalia, 128 burung, dan 37 reptil. Selain itu ada juga 25 hewan darat dan burung yang termasuk dalam satwa dilindungi karena jumlah dan penyebarannya terbatas.

Beberapa hewan unik yang hidup di pulau ini antara lain, kakatua kecil kambul kuning, Blue white lipperd pit viper, pari manta raksasa, dan kuda liar.

Ekosistem dalam pulau komodo juga sangat beragam mulai dari ekosistem padang lamun, hutan mangrove dan terumbu karang.

2. Spot Diving Terbaik

Keindahan wisata pulau komodo lainnya juga terlihat dari kekayaan bawah lautnya. Dalam website kemenparekraf.go.id, Pulau Komodo bahkan disebut sebagai tempat diving terbaik.

Area ini merupakan jantung terumbu karang Asia Pasifik sehingga tak heran jika memiliki pemandangan bawah laut yang indah. Menurut data ksdae.menlhk.go.id, ada kurang lebih 253 terumbu karang dan 1000 spesies ikan yang membuat keanekaragaman hayati bawah laut semakin lengkap.

3. Toko Toko

Tempat wisata ini diketahui memiliki istana batu dalam air yang bernama Toko Toko. Istana batu ini bisa ditemukan pada kedalaman 7 meter di bawah permukaan laut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...