Pulau Komodo, Tempat Wisata Eksotis di Nusa Tenggara Timur

Pulau Komodo menjadi destinasi wisata favorit banyak orang. Keindahan pulau dengan ciri khas satwa langka komodo membuat banyak orang tertartik untuk berkunjung ke pulau ini.
Image title
19 Oktober 2021, 13:28
Pulau Komodo, Tempat Wisata Eksotis di Nusa Tenggara Timur
ANTARA FOTO/HENDRA NURDIYANSYAH
Wisatawan melihat satwa Komodo (Varanus Komodoensis) di Pulau Rinca, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (17/1). Menurut data Taman Nasional Komodo (TNK) kunjungan wisatawan di salah satu destinasi wisata unggulan nasional ini meningkat lebih dari 120.000 orang dengan pendapatan Rp27 miliar selama tahun 2017.

Taman nasional menjadi tempat pelestarian keanekaragaman hayati yang dapat dikunjungi sebagai tempat wisata. Ada banyak taman nasional di Indonesia salah satunya Taman Nasional Komodo. Taman nasional ini memilik tiga pulau besar yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar. Selain itu ada juga pulau kecil seperti Pulau Gili Motang dan Pulau Nusa Kode.

Taman nasional ini sudah menjadi destinasi wisata andalan Indonesia. Namun pada semenjak pandemi, jumlah pengunjung taman nasional ini mengalami penurunan hingga 76%. %. Hal tersebut disebabkan adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan penutupan aktivitas untuk mencegah penularan Covid-19.

Sejarah Taman Nasional Komodo

Taman nasional ini memiliki sejarah tersendiri. Menurut penjelasan di ksdae.menlhk.go.id, Taman Komodo merupakan taman nasional tertua di Indonesia. Kawasan ini berdiri sejak 6 Maret 1980 dengan luas 173.000 hektare.

Advertisement

Taman Nasional Komodo pernah mendapatkan beberapa penghargaan internasional. Diantaranya Man and Biosphere Reserve pada 1977, World Heritage Site tahun 1991, dan The New 7 Wonder of Nature tahun 2011.

Kawasan ini merupakan habitat bagi hewan langka yaitu komodo. Berdasarkan data pada tahun 2018 jumlah komodo di taman nasional ini sebanyak kurang lebih 2.872 ekor. Sehingga tak heran jika tempat yang paling terkenal dari kawasan ini yaitu pulau komodo.

Keindahan Pulau Komodo

Pulau Komodo terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Destinasi wisata andalan ini memiliki pesona tersendiri. Beberapa keindahan yang bisa Anda nikmati saat berkunjung ke tempat ini antara lain:

1. Keankeragaman hayati

Menurut penjelasan dalam ksdae.menlhk.go.id, kawasan taman nasional ini memiliki beberapa spesies hewan dan tumbuhan. Selain terkenal sebagai tempat tinggal komodo, kawasan ini juga memiliki 277 spesies lain yang hidup didalamnya.

Fauna yang terdapat di tempat tersebut berasal dari kawasan Asia dan Australia. Terdapat 32 mamalia, 128 burung, dan 37 reptil. Selain itu ada juga 25 hewan darat dan burung yang termasuk dalam satwa dilindungi karena jumlah dan penyebarannya terbatas.

Beberapa hewan unik yang hidup di pulau ini antara lain, kakatua kecil kambul kuning, Blue white lipperd pit viper, pari manta raksasa, dan kuda liar.

Ekosistem dalam pulau komodo juga sangat beragam mulai dari ekosistem padang lamun, hutan mangrove dan terumbu karang.

2. Spot Diving Terbaik

Keindahan wisata pulau komodo lainnya juga terlihat dari kekayaan bawah lautnya. Dalam website kemenparekraf.go.id, Pulau Komodo bahkan disebut sebagai tempat diving terbaik.

Area ini merupakan jantung terumbu karang Asia Pasifik sehingga tak heran jika memiliki pemandangan bawah laut yang indah. Menurut data ksdae.menlhk.go.id, ada kurang lebih 253 terumbu karang dan 1000 spesies ikan yang membuat keanekaragaman hayati bawah laut semakin lengkap.

3. Toko Toko

Tempat wisata ini diketahui memiliki istana batu dalam air yang bernama Toko Toko. Istana batu ini bisa ditemukan pada kedalaman 7 meter di bawah permukaan laut.

4. Batu Samsia

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pulau ini menjadi spot penyelaman terbaik. Ada beberapa spot menyelam favorit wisatawan. Batu Samsia menjadi titik menyelam favorit. Di titik ini Anda bisa menyusuri saluran air dan dapat berinteraksi dengan kura-kura, hiu, dan beragam ikan lainnya.

5. Crystal Rock

Titik favorit bagi para penyelam selanjutnya yaitu crystal rock. Titik ini ada di kedalaman 5 mdpl. Anda bisa menemukan katak ikan, barramundi cod, parrotfish, dan berbagai jenis ikan lainnya.

6. Pink Beach

Pesona lain yang dimiliki Pulau Komodo yaitu pantai berpasir merah muda atau Pink Beach. Warna pink disebabkan adanya serpihan koral yang hancur dan bercampur dengan pasir pantai.

Akses Menuju Wisata Pulau Komodo

Untuk menuju ke lokasi wisata ini Anda bisa menggunakan transportasi udara, laut, dan darat, atau kombinasi ketiganya. Agar lebih jelas, berikut uraian rutenya.

Transportasi Udara

Anda bisa menggunakan pesawat dari Denpasar ke Labuan Baju. Kemudian Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan kapal ferry ke kawasan Pulau Komodo.

Transportasi Laut

Jika Anda ingin menggunakan transportasi laut, maka Anda bisa memilih keberangkatan dari Tanjung Benoa, Bali, lalu ke Labuan Bajo. Dari tempat tersebut Anda dalam menuju Pulau Komodo menggunakan kapal ferry.

Transportasi Darat

Apabila ingin menggunakan transportasi darat, Anda dapat menggunakan bus dari Denpasar ke Labuan Bajo. Kemudan melanjutkan perjalanan menggunakan kapal ferry ke Pulau Komodo.

Biaya Wisata Pulau Komodo

Sebagai tempat wisata tentu ada tarif yang dipatok bagi para wisatawan yang hendak mengunjungi kawasan ini. Untuk biaya wisata di Pulau Komodo ternyata sudah diatur oleh pemerintah dalam Peraturan Pemerintah No 12 Tahun 2014 dan Keputusan Dirjen PHKA Nomor: SK.133/IV-SET/2014.

Tiket Masuk

  • Wisatawan domestik: Rp5.000/orang/hari.
  • Wisatawan mancanegara: Rp150.000/orang/hari
  • Rombongan pelajar/mahasiswa dalam negeri (minimal 10 orang): Rp3.000/orang/hari
  • Rombongan pelajar/mahasiswa mancanegara (minimal 10 orang): Rp100.000/orang/hari

Tarif Aktivitas Wisata

  • Trekking: Rp5.000/orang
  • Pengamatan kehidupan liar: Rp10.000/orang
  • Scuba diving: Rp25.000/orang
  • Snorkeling: Rp15.000/orang
  • Kano: Rp25.000/orang
  • Memancing: Rp25.000/orang

Selain rincian biaya di atas, saat berkunjung ke pulau ini Anda juga akan dikenakan retribusi daerah sebesar Rp50.000 untuk wisatawan domestik.

Penginapan di Wisata Pulau Komodo

Ketika Anda ingin mengunjungi tempat wisata ini berhari-hari, tak perlu khawatir sebab sudah banyak penginapan di dekat Pulau Komodo. Mengutip dari traveloka.com, berikut ini beberapa penginapan terbaik yang ada di tempat wisata tersebut.

1. Kanawa Resort

Penginapan ini terletak di Pulau Kanawa, Pasir Putih Komodo, Manggarai Barat, Labuan Bajo. Harga penginapan mulai dari Rp770.001. Di tempat ini ada fasilitas dua ranjang twin atau 1 ranjang ukuran besar, dan kamar mandi pribadi. Anda juga bisa menikmati fasilitas sarapan gratis saat menginap di Kanawa Resort.

2. Boat Charter KM. Caroline

Pengiapan ini dipatok dengan harga Rp7.500.001/kamar/malam. Fasilitas yang bisa anda nikmati antara lain kamar tidur dua kasur atau satu kasur besar, perlengkapan kamar mandi, air minum kemasan, dan sarapan gratis.

3. XPirates Driver Camp

XPirates Driver Camp dipatok dengan harga Rp275.000/kamar/malam. Beerapa fasiitas yang akan didapatkan antara lain; perlengkapan kamar mandi, balkon/teras, kamar tidur, sarapan gratis, WiFi gratis, dan fasilitas lainnya.

4. Komodo Resort

Tempat menginap selanjutnya yang bisa Anda datangi yaitu Komodo Resort. Beberapa fasilitas yang akan didapatkan yaitu tempat tidur, kamar mandi, AC, air minum kemasan, WiFi gratis, sarapan gratis, dan fasilitas lainnya. Harga menginap per malam di tempat ini mulai dari Rp3 juta – Rp4 juta.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait