Jokowi Pamer Bangun Jalan 4.600 km hingga 15 Bandara Selama 6 Tahun

Rizky Alika
18 November 2021, 18:33
jokowi, infrastruktur, jalan
ANTARA FOTO/Setpres/Agus Suparto/Handout/wsj.
Presiden Joko Widodo mengunjungi kawasan Puncak Waringin usai meresmikan kawasan tersebut di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Kamis (14/10/2021). ANTARA

Presiden Joko Widodo memamerkan capaian pembangunan yang telah dilakukan pemerintahannya dalam enam tahun terakhir. Ia mengatakan sudah membangun jalan non-tol hingga 4.600 kilometer (km).

Selain itu, Jokowi membangun jalan tol 1.640 km, 15 bandara baru, dan 38 ekspansi bandara lama. Ada pula pendirian 124 pelabuhan baru dan 22 bendungan untuk ketahanan pangan. "Pondasi infrastruktur kita satu demi satu sudah mulai selesai," kata Jokowi dalam Kompas100 CEO Forum di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/11).

Mantan Wali Kota Solo itu memperkirakan, pemerintahannya akan menyelesaikan pembangunan 65 bendungan hingga 2024. "Ini pondasi dalam jangka menengah panjang yang penting," ujar dia.

Dalam periode panjang, kepala negara meminta pemerintah daerah untuk menghubungkan berbagai infrastruktur tersebut dengan kawasan di berbagai sektor industri. "Misalnya jalan tol segera dihubungkan dengan kawasan-kawasan pertanian, pariwisata, perkebunan, industri," katanya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...