Antisipasi Gelombang Baru, Penting Melihat Tingkat Penularan Covid-19

Arofatin Maulina Ulfa
23 November 2021, 07:55
Warga mengantre untuk mendapat suntikan vaksin COVID-19 di Gelanggang Remaja Makassar, Jakarta, Jumat (12/11/2021). Pemerintah menargetkan vaksinasi COVID-19 mencapai 300 juta dosis pada akhir 2021, yang hingga November 2021 berdasarkan data dari Kementer
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Warga mengantre untuk mendapat suntikan vaksin Covid-19 di Gelanggang Remaja Makassar, Jakarta, Jumat (12/11/2021).

Penularan virus corona di Indonesia terbilang melandai dalam beberapa waktu belakangan. Namun, pemerintah tetap mengimbau masyarakat untuk waspada dengan potensi peningkatan kasus Covid-19

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan, untuk menganalisis situasi teraktual Covid-19, salah satu jenis data yang umumnya digunakan yaitu reproduction number (R0).

“Angka ini penting dipahami karena dapat menggambarkan kemampuan penyebaran suatu penyakit,” kata Wiku dalam keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa pekan lalu. 

Dalam ilmu epidemiologi, basic reproduction number atau bilangan reproduksi dasar adalah perkiraan jumlah kasus yang secara langsung dihasilkan oleh satu kasus dalam suatu populasi, di mana semua individu rentan terhadap infeksi.

Angka ini digunakan untuk melihat rata-rata kemampuan virus bereproduksi pada orang yang terinfeksi akibat terpapar dari satu orang yang positif atau sakit. Umumnya, setiap jenis penyakit memiliki basic reproduction number yaitu nilai tetap kemampuan penyebaran penyakit dalam situasi tanpa disertai intervensi pencegahan tertentu. 

"Angka ini penting untuk diperhatikan selain angka kasus, angka kematian dan angka fatalitas untuk menjadi dasar penentuan upaya pengendalian Covid-19 yang tepat," ujar Wiku.

Sebagai contoh, R0 Covid-19 varian dari Wuhan adalah 2,4 sampai dengan 2,6. Artinya, dari satu orang kasus positif rata-rata dapat menularkan kepada dua sampai tiga orang lain di sekitarnya setelah melakukan interaksi.

Semakin tinggi angkanya maka semakin besar peluang kasus positif meningkat, begitu pun sebaliknya. Secara rinci, angka di atas 1 menyebabkan penambahan kasus berlipat atau eksponensial. Sementara untuk angka 1 penambahan kasusnya cenderung stagnan.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...