7 Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan Jantung hingga Kulit

Image title
8 Desember 2021, 12:27
Ilustrasi petani mengambil manfaat daun bawang
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/aww.
Petani menyiangi ladang daun bawang prei di Nagari Sungai Pua, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Rabu (10/2/2021). Menurut petani, harga bawang daun prei di tingkat petani naik menjadi Rp4.500 per kilogram dari sebelumnya Rp3.000 per kilogram.

Salah satu bumbu dapur yang memiliki manfaat untuk kesehatan adalah daun bawang. Jenis sayuran ini masuk dari kelompok bawang yang banyak digunakan dalam masakan. Dalam masakan Indonesia, daun bawang bisa ditemukan misalnya dalam martabak telur, sebagai bagian dari sup, atau sebagai bumbu tabur seperti pada soto.

Daun bawang memiliki banyak varian. Jenis yang paling umum dijumpai adalah bawang daun (Allium cepa). Jenis lainnya adalah A. ascalonicum, yang masih sejenis dengan bawang merah. Kadang-kadang bawang prei juga disebut sebagai daun bawang.

Dalam setiap sajian, daun bawang selalu menjadi pelengkap akhir dari setiap hidangan dan membuat warna pada setiap makanan yang disajikan. Manfaat daun bawang sekilas terlihat sepele dan hanya dijadikan tambahan pada hidangan saja.

Kandungan Nutrisi dalam Daun Bawang

Khasiat daun bawang berasal dari aneka ragam kandungan serat, asam folat, kalsium, dan vitamin C cukup tinggi di dalamnya. Kandungan daun bawang berisi nutrisi seperti:

  • Vitamin K
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin B2
  • Potasium (kalium)

Aneka Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan

Dari beragam nutrisi dalam setiap helai daun bawang, bisa menimbulkan manfaat daun bawang untuk kesehatan mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Berikut manfaat daun bawang yang dikutip dari situs informasi kesehatan SehatQ.com:

1. Mengandung Tinggi Antioksidan

Banyak orang mengira kandungan antioksidan tertinggi hanya ada di dalam daun teh hijau. Namun kenyataannya, daun bawang juga memiliki berbagai senyawa antioksidan yang bagus untuk membantu menangkal radikal bebas yang memicu penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, dan sebagainya.

Ada beragam antioksidan yang membentuk manfaat daun bawang untuk kesehatan adalah polifenol, senyawa belerang, zeaxanthin, dan lutein. Senyawa zeaxanthin dan lutein sangat berperan dalam menjaga kesehatan mata.

2. Menjadi Tameng Pelindung Organ Jantung

Manfaat daun bawang selanjutnya adalah menjadi pelindung organ jantung. Karena daun bawang ditemukan memiliki komposisi yang serupa dengan bawang putih dan bawang bombay yang mampu menurunkan peradangan dan menjaga kesehatan jantung.

Organ jantung bisa mendapat manfaat daun bawang karena ada kandungan senyawa allicin yang dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Kolesterol dan tekanan darah tinggi merupakan dua kondisi yang mampu meningkatkan risiko penyakit jantung.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...