15 Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan dan Cara Menyimpannya

Daun bawang merupakan sayuran yang mudah dijumpai. Sayuran hijau ini mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun nutrisi tersebut bisa hilang jika disimpan dengan cara yang salah.
Image title
27 Oktober 2021, 12:17
Daun bawang sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan
pexels.com/eva-elijas
Daun bawang sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan

Kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan daun bawang. Sayuran ini biasanya hadir dalam berbagai menu makanan khas Indonesia seperti soto, bubur ayam, martabak telur, dan berbagai makanan lainnya.

Daun bawang atau ada juga yang menyebutnya bawang daun memiliki kemampuan untuk meningkatkan cita rasa dalam makanan. Selain itu, sayuran ini juga mengandungan beragam kandungan nutrisi sehingga bermanfaat bagi tubuh. Apa saja manfaat dari bawang daun? Yuk simak penjelasan berikut.

Kandungan Daun Bawang

Sebelum mengenal lebih jauh tentang manfaat bawang daun, terlebih dahulu kita ulas kandungan dalam sayur ini. Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, kandungan daun bawang per 100 g sebagai berikut:

  • 60 mg kalsium
  • 40 mg fosfor
  • 2,3 mg besi
  • 90,0 mg kalium
  • 30 mg natrium
  • 0,10 mg tembaga
  • 0,3 mg seng
  • 0 mcg retinol
  • 218 mcg beta-karoten
  • 0,10 mg thiamin (vitamin B1)
  • 0,10 mg vitamin B2
  • 0,2 mg niasin
  • 11 mg vitamin C

Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan

Kandungan gizi tersebut menyebabkan sayuran ini memiliki banyak manfaat. Melansir dari klikdokter.com, hellosehat.com, dan sehatq.com, berikut ini manfaat daun bawang untuk kesehatan.

Advertisement

1. Melancarkan pencernaan

Bawang daun mengandung serat yang cukup tinggi. Kandungan ini bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, menjaga berat badan ideal, dan menurunkan kolesterol. Konsumsi serat yang cukup juga bisa mencegah terjadinya konstipasi.

2. Melawan kanker

Kandungan allicin dalam sayuran ini dipercaya bisa mencegah sel kanker dan memperlambat penyebaran tumor. Meskipun demikian, peneliti belum yakin mengenai mekanisme manfaat ini.

3. Mencegah infeksi

Ekstrak bawang ini juga dapat membunuh bakteri, jamur, dan virus yang menyebabkan infeksi. Berdasarkan pengujian laboratorium diketahui bahwa sayuran ini bisa memperlambat pertumbuhan E.coli.

4. Menangkal radikal bebas

Keluarga bawang ini mengandung antioksidan yang bisa menurunkan radikal bebeas. Namun antioksidan yang dimiliki daun bawang bisa hilang efektivitasnya saat dimasak. Kandungan antioksidan lebih tinggi saat masih mentah, namun saat Anda hendak mengkonsumsi sayur mentah pastikan sudah dicuci terlebih dahulu.

5. Menjaga kesehatan jantung

Jantung merupakan penyakit yang banyak menyebabkan kematian. Bawang daun dipercaya bisa menurunkan kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol jahat yang dapat menyebabkan panyakit jantung.

Sebuah penelitian juga menguji manfaat daun bawang kepada tikus. Hasil penelitian tersebut ternyata bisa meningkatkan aliran darah. Sayur ini juga mengandungan vitamin K yang dapat melindungi jantung.

Manfaat lainnya yaitu bawang daun juga mencegah pengerasan arteri dengan cara membentuk simpanan kalsium di dinding arteri.

6. Meningkatkan kesehatan tulang

Bawang daun mengandung vitamin K yang dapat memperkuat tulang. Vitamin tersebut dapat memproduksi protein penting untuk menjaga kalsium dan kepadatan tulang.

7. Menjaga kesehatan mata

Manfaat daun bawang selanjutnya yaitu bisa menjaga kesehatan mata. Sayuran ini berperan penting dalam memproduksi rhodopsin yang merupakan protein penting. Rhodopsin berperan penting bagi retina yang berguna untuk menyerap cahaya dan mencegah rabun senja.

Zat tersebut juga membantu mempertajam penglihatan. Bawang daun juga mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

8. Menurunkan berat badan

Bawang daun merupakan sayuran rendah kalori namun tinggi serat. Sifat tersebut yang membuat sayuran ini bisa membuat rasa kenyang lebih lama. Maka dari itu, bawang daun bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

9. Mencegah pendarahan

Kandungan vitamin K yang ada di dalam daun bawang juga bisa mencegah pendarahan. Vitamin tersebut bisa mencegah pendarahan saat cidera. Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan memar, mimisan, dan gusi berdarah.

10. Menurunkan kolesterol

Kandungan serat yang tinggi di dalam sayuran ini bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Manfaat ini bisa dirasakan apabila Anda mengkonsumsi sayur ini secara rutin.

11. Menjaga kadar gula darah

Daun bawang juga bermanfaat dalam mengontrol gula darah. Hal tersebut karena sayur ini mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan.

12. Mencegah peradangan

Kandungan quercetin pada bawang daun bersifat antiinflamasi yang dapat mencegah peradangan. Selain itu, kandungan vitamin C juga memberikan manfaat sebagai antioksidan yang berperan dalam melawan radang.

13. Sumber vitamin

Bawang daun mengandung banyak vitamin yang berperan untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi sayuran ini, maka kebutuhan sayuran dapat tercukupi.

14. Menjaga fungsi otak

Sebuah penelitian dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, menyebutkan bahwa belerang dalam bawang daun berfungsi untuk melindungi otak dan mencegah penurunan fungsi otak. Meskipun demikian, penelitian mengenai manfaat daun bawang ini masih butuh penelitian lebih lanjut.

15. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan allicin dalam bawang daun bisa meningkatkan kesehatan kulit. Senyawa ini dapat mencegah kerutan dan tanda penuaan dini lainnya.

Cara Menyimpan Daun Bawang

Daun bawang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun penyimpanan yang tidak benar, dapat menyebabkan sayuran ini mudah rusak dan kandungan nutrisinya berkurang. Mengutip dari blog.saturbox.com, berikut ini beberapa cara menyimpan daun bawang yang baik dan benar.

1. Simpan dalam kantong plastik di kulkas

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menyimpan bawang daun yaitu dengan memasukkan dalam kantong plastik lalu simpan di kulkas. Namun pastikan plastik tersebut tidak tertutup rapat. Beri sedikit lubang di plastik tersebut kemudian simpan sayuran ini di laci kulkas.

2. Simpan dalam freezer

Selain disimpan di laci, daun bawang juga bisa disimpan di freezer. Cara penyimpanannya sebagai berikut:

  • Potong terlebih dahulu bagian akar.
  • Kemudian belah batang menjadi dua bagian.
  • Cuci bersih sayur ini lalu iris kecil bawang daun.
  • Masukkan irisan bawang daun dalam kantong plastik.
  • Terakhir, masukkan dalam freezer.

3. Simpan dalam air

Cara lain untuk menyimpan daun bawang yang benar yaitu dengan menyimpan di dalam air. Penyimpanan cara ini bisa membuat bawang daun tahan 1 sampai 2 hari. Cara penyimpanannya sebagai berikut:

  • Ambil botol ukuran besar dan isi dengan air dingin.
  • Masukkan bawang daun dalam botol tersebut.
  • Pastikan suhu ruangan penyimpanan tidak terlalu panas atau lembap. Hal ini sangat penting, sebab suhu ruangan yang tidak sesuai dapat menyebabkan sayuran layu.
  • Sangat disarankan meletakan botol penyimpanan bawang daun di tempat yang sejuk dan kering.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait