15 Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan dan Cara Menyimpannya

Siti Nur Aeni
27 Oktober 2021, 12:17
Daun bawang sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan
pexels.com/eva-elijas
Daun bawang sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan

Kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan daun bawang. Sayuran ini biasanya hadir dalam berbagai menu makanan khas Indonesia seperti soto, bubur ayam, martabak telur, dan berbagai makanan lainnya.

Daun bawang atau ada juga yang menyebutnya bawang daun memiliki kemampuan untuk meningkatkan cita rasa dalam makanan. Selain itu, sayuran ini juga mengandungan beragam kandungan nutrisi sehingga bermanfaat bagi tubuh. Apa saja manfaat dari bawang daun? Yuk simak penjelasan berikut.

Advertisement

Kandungan Daun Bawang

Sebelum mengenal lebih jauh tentang manfaat bawang daun, terlebih dahulu kita ulas kandungan dalam sayur ini. Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, kandungan daun bawang per 100 g sebagai berikut:

  • 60 mg kalsium
  • 40 mg fosfor
  • 2,3 mg besi
  • 90,0 mg kalium
  • 30 mg natrium
  • 0,10 mg tembaga
  • 0,3 mg seng
  • 0 mcg retinol
  • 218 mcg beta-karoten
  • 0,10 mg thiamin (vitamin B1)
  • 0,10 mg vitamin B2
  • 0,2 mg niasin
  • 11 mg vitamin C

Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan

Kandungan gizi tersebut menyebabkan sayuran ini memiliki banyak manfaat. Melansir dari klikdokter.com, hellosehat.com, dan sehatq.com, berikut ini manfaat daun bawang untuk kesehatan.

1. Melancarkan pencernaan

Bawang daun mengandung serat yang cukup tinggi. Kandungan ini bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, menjaga berat badan ideal, dan menurunkan kolesterol. Konsumsi serat yang cukup juga bisa mencegah terjadinya konstipasi.

2. Melawan kanker

Kandungan allicin dalam sayuran ini dipercaya bisa mencegah sel kanker dan memperlambat penyebaran tumor. Meskipun demikian, peneliti belum yakin mengenai mekanisme manfaat ini.

3. Mencegah infeksi

Ekstrak bawang ini juga dapat membunuh bakteri, jamur, dan virus yang menyebabkan infeksi. Berdasarkan pengujian laboratorium diketahui bahwa sayuran ini bisa memperlambat pertumbuhan E.coli.

4. Menangkal radikal bebas

Keluarga bawang ini mengandung antioksidan yang bisa menurunkan radikal bebeas. Namun antioksidan yang dimiliki daun bawang bisa hilang efektivitasnya saat dimasak. Kandungan antioksidan lebih tinggi saat masih mentah, namun saat Anda hendak mengkonsumsi sayur mentah pastikan sudah dicuci terlebih dahulu.

5. Menjaga kesehatan jantung

Jantung merupakan penyakit yang banyak menyebabkan kematian. Bawang daun dipercaya bisa menurunkan kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol jahat yang dapat menyebabkan panyakit jantung.

Sebuah penelitian juga menguji manfaat daun bawang kepada tikus. Hasil penelitian tersebut ternyata bisa meningkatkan aliran darah. Sayur ini juga mengandungan vitamin K yang dapat melindungi jantung.

Manfaat lainnya yaitu bawang daun juga mencegah pengerasan arteri dengan cara membentuk simpanan kalsium di dinding arteri.

6. Meningkatkan kesehatan tulang

Bawang daun mengandung vitamin K yang dapat memperkuat tulang. Vitamin tersebut dapat memproduksi protein penting untuk menjaga kalsium dan kepadatan tulang.

7. Menjaga kesehatan mata

Manfaat daun bawang selanjutnya yaitu bisa menjaga kesehatan mata. Sayuran ini berperan penting dalam memproduksi rhodopsin yang merupakan protein penting. Rhodopsin berperan penting bagi retina yang berguna untuk menyerap cahaya dan mencegah rabun senja.

Zat tersebut juga membantu mempertajam penglihatan. Bawang daun juga mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement