AS Cabut Larangan Masuk Pelancong dari 8 Negara Afrika Per 31 Desember

Cahya Puteri Abdi Rabbi
27 Desember 2021, 08:55
AS, Amerika, Afrika, covid-19, omicron
ANTARA FOTO/REUTERS/Eduardo Munoz/WSJ/cfo
Warga bertemu dengan kerabat di klaim bagasi saat tiba di Bandara Internasional John F. Kennedy saat Amerika Serikat membuka kembali perbatasan darat dan udara untuk mereka yang sudah divaksinasi COVID-19 untuk pertama kalinya sejak pembatasan COVID-19 diberlakukan, di New York, Amerika Serikat, Senin (8/11/2021).

Pemerintah Amerika Serikat (AS) akan mencabut larangan masuk bagi pelancong dari delapan negara kawasan Afrika bagian selatan mulai 31 Desember mendatang.

Adapun delapan negara tersebut yakni Afrika Selatan, Botswana, Zimbabwe, Namibia, Lesotho, Eswatini, Mozambik, dan Malawi.

Warga negara AS maupun warga negara asing yang dilarang masuk karena sebelumnya berada di salah satu dari delapan negara Afrika Selatan tersebut akan kembali diizinkan masuk AS, dengan penerbangan yang berangkat setelah pukul 12 malam tanggal 31 Desember.

 Sebelumnya, sejumlah negara telah membatasi perbatasan bagi pendatang yang baru melakukan perjalanan dari Afrika bagian selatan.

Langkah tersebut diambil setelah varian Covid-19 Omicron terdeteksi di Afrika Selatan. Varian itu dilaporkan ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 24 November lalu.

"Keputusan ini direkomendasikan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Pembatasan memberi kami waktu untuk memahami Omicron dan kami tahu vaksin yang ada saat ini bekerja melawan Omicron," kata Juru Bicara Gedung Putih Kevin Munoz dikutip dari Reuters, Senin (27/12).

 CDC merekomendasikan pencabutan pembatasan perjalanan karena mengganggap bahwa pembatasan yang dilakukan tidak akan berdampak signifikan untuk menekan peningkatan kasus Covid-19 di AS.

Mereka meyakini bahwa vaksin yang ada,  ditambah dengan suntikan booster akan efektif untuk melawan varian baru terebut, tanpa harus membuat vaksin khsusu Omicron.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...