11 Cara Meluruskan Rambut Mengembang Secara Alami

Dwi Latifatul Fajri
7 Januari 2022, 15:15
Cara meluruskan rambut
pixabay.com/RyanMcGuire
Cara Meluruskan Rambut yang Mengembang

Cara meluruskan rambut bisa dilakukan dengan rebonding atau smoothing. Namun, kedua proses ini bisa berdampak pada kerusakan rambut jika dilakukan terus menerus.

Jika anda ingin meluruskan rambut, cobalah untuk memakai bahan alami untuk perawatan. Bahan alami meluruskan rambut bisa memakai minyak zaitun, lidah buaya, sampai buah-buahan tertentu.

Advertisement

Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

Beberapa orang menginginkan rambut lurus, rapi, dan sehat. Sebenarnya anda bisa pergi ke salon untuk meluruskan rambut secara instan. Tetapi jika dilakukan terus menerus bisa mengurangi kelembaban sampai kerusakan rambut.

Alat-alat seperti pengeriting rambut, pengering rambut, dan meluruskan rambut menyebabkan kerusakan rambut.

Dampak kerusakan rambut ini bisa berbeda sesuai jenis rambut yang dimiliki seseorang. Umumnya alat catok berdampak pada rambut yang kering, kasar, dan mudah rontok.

Ada beberapa tips sederhana untuk meluruskan rambut secara alami. Tips ini cocok untuk anda mendapatkan rambut lurus tanpa alat pemanas. Meski demikian, hasil tips meluruskan rambut alami bisa berbeda setiap orang.

  • Minyak Esensial

Minyak esensial bisa diserap oleh rambut dan lebih aman. Cobalah memakai minyak kelapa, minyak almond, dan jenis esensial lain. Minyak esensial juga menyehatkan rambut, menembus folikel rambut, dan memperbaiki sel-sel di dalamnya.

  • Pakai Pembungkus Rambut

Mengutip dari healthline.com, membungkus rambut tanpa alat pemanas lebih efektif untuk semua jenis rambut. Anda bisa mendapatkan tutorial membungkus rambut di Youtube.

Cara meluruskan rambut ini bisa berbeda tergantung tekstur dan panjang rambut. Anda membutuhkan jepit rambut panjang, syal, atau sorban dari kain satin untuk membungkus rambut.

Cobalah untuk menggunakan membungkus rambut ketika malam hari. Anda membutuhkan jepit untuk menguatkan pembungkus di sisi kepala.

  • Pakai Rol Plastik

Rol plastik berukuran besar cukup untuk memuat rambut panjang dan tebal. Cobalah untuk memakai plastik untuk menutupi rambut setelah keramas.

Jenis rol ini bisa dipakai selama 4 jam atau ketika tidur. Cobalah untuk menonton tutorial di Youtube untuk memakai rol plastik sebagai pelurus rambut.

  • Pakai Produk Pelurus Rambut

Cobalah untuk memakai sampo, kondisioner, dan perawatan pelurus rambut. Perawatan kecantikan ini bisa mengubah rambut yang sebelumnya mengembang, menjadi lurus. Selesai keramas, cobalah untuk memakai serum ketika rambut masih basah.

Cara Meluruskan Rambut Pria

Rambut pria bisa diluruskan dengan cara alami. Anda bisa meluruskan rambut secara alami tanpa perlu ke salon. Berikut tips meluruskan rambut pria, mengutip dari malestandard.com:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement