5 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut, Cara Menggunakan dan Efek Samping

Berbagai kandungan nutrisi berkontribus dalam manfaat lidah buaya untuk rambut. Pahami cara menggunakan dan efek sampingnya agar tercapai hasil yang optimal.
Image title
23 Desember 2021, 10:15
Ilustrasi lidah buaya. Berbagai kandungan nutrisi berkontribus dalam manfaat lidah buaya untuk rambut. Pahami cara menggunakan dan efek sampingnya agar tercapai hasil yang optimanl.
Pixabay/endriqstudio
Ilustrasi lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera umum ditemukan di berbagai tempat. Tanaman ini dapat tumbuh liar di iklim tropis, semi tropis, dan gersang di seluruh dunia. Lidah buaya mungkin menyerupai kaktus. Tetapi, secara taksonomi lidah buaya termasuk dalam famili Asphodelaceae, bukan famili kaktus atau Cactaceae.

Dalam dunia kesehatan, sejarah lidah buaya sebagai pengobatan ditemukan pertama kali pada tablet peninggalan Mesopotamia pada tahun 2100 SM, menurut buku Herbal Medicine: Biomolecular and Clinical Aspects. Namun, penjelasan manfaatnya sebagai tanaman obat baru ditemukan dalam dokumen Mesir tertanggal sekitar tahun 1550 SM.

Di era modern, lidah buaya diolah menjadi berbagai produk, seperti krim, gel, jus, dan formulasi lain untuk tujuan kesehatan, pengobatan dan kecantikan. Studi dalam BioMed Research International menunjukkan, ekstrak lidah buaya memiliki sifat antiseptik, anti-inflamasi, dan analgesik ketika dioleskan.

Oleh sebab itu, lidah buaya dapat bermanfaat untuk rambut. Selengkapnya, simak manfaat lidah buaya untuk rambut berikut ini.

Advertisement

1. Meredakan kulit kepala gatal

Manfaat lidah buaya dapat meredakan kulit kepala gatal karena dermatitis seboroik atau dikenal sebagai ketombe. Gejala kulit kepala gatal dan mengelupas ini bisa diobati dengan lidah buaya, menurut studi dalam Journal of Dermatological Treatment.

Peneliti menemukan, lidah buaya membantu mengatasi peradangan kulit kepala akibat ketombe. Asam lemak yang ditemukan dalam tanaman lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi untuk meredakan gatal pada kulit kepala.

Cara menggunakannya, oleskan gel lidah buaya mentah ke rambut dan kulit kepala. Ratakan dengan tangan hingga ke kulit kepala, rambut, dan ujungnya. Untuk membantu menyegel kelembapan, oleskan beberapa tetes minyak jarak dan pijat. Biarkan lidah buaya selama sekitar 30 menit lalu bilas.

2. Mengurangi minyak berlebih pada rambut dan kulit kepala

Manfaat lidah buaya selanjutnya adalah dapat membersihkan helai rambut secara efisien, menghilangkan sebum (minyak) berlebih, dan residu dari produk rambut lainnya. Fakta tersebut dipublikasikan dalam Brazilian Journal of Microbiology.

Kandungan lidah buaya yang alami tidak akan merusak folikel rambut. Lidah buaya juga dapat membuat rambut sehat dan berkilau. Untuk menggunakannya, campur satu sendok teh gel lidah buaya dengan beberapa tetes jus lemon lalu oleskan ke seluruh kulit kepala. Biarkan selama 10 hingga 15 menit sebelum dicuci dengan sampo.

3. Memperkuat dan memperbaiki helai rambut

Lidah buaya mengandung vitamin A, C, dan E. Ketiga vitamin ini berkontribusi dalam manfaat lidah buaya untuk regenerasi sel dan mendorong pertumbuhan rambut yang sehat dan rambut berkilau. Vitamin B12 dan asam folat juga terkandung dalam gel lidah buaya. Kedua komponen ini dapat menjaga rambut agar tidak rontok.

Lidah buaya juga dapat membantu membersihkan kulit kepala sehingga lebih banyak nutrisi yang dapat menembus folikel rambut, membantu rambut tumbuh lebih cepat dan lebih efisien. Enzim proteolytic di dalamnya juga membantu memperbaiki sel kulit mati di kulit kepala.

4. Menjaga kesehatan rambut

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan rambut dijelaskan dalam International Journal of Natural Therapy. Lidah buaya dapat merangsang sirkulasi darah serta meningkatkan pengiriman oksigen dan nutrisi ke folikel rambut.

5. Mencegah kerusakan rambut akibat sinar matahari

Lidah buaya bermanfaat untuk mencegah kerusakan rambut akibat sinar matahari. Menurut studi dalam Photochemical and Photobiological Sciences, lidah buaya dapat memperbaiki kerusakan akibat sinar UV.

Paparan sinar UV dapat menyebabkan rambut Anda kehilangan kilau dan warnanya, dan membuatnya kasar dan kurang elastis, yang menyebabkan kerusakan.

Untuk mendapatkan manfaat lidah buaya ini, oleskan ke kulit kepala dan rambut lalu biarkan hingga meresap ke dalam folikel. Cara ini bermanfaat untuk mengkondisikan dan memperbaiki rambut kering yang rusak. Setelah membiarkannya selama satu jam, bilas dengan sampo.

Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Rambut

Mengolah lidah buaya untuk rambut tidak memerlukan banyak alat, cukup ikuti langkah berikut:

  1. Belah lidah buaya untuk diambil isinya.
  2. Hancurkan isinya hingga halus.
  3. Oleskan ke rambut Anda menggunakan tangan dari kulit kepala hingga ujung rambut
  4. Pijatkan kulit kepala Anda secara perlahan.
  5. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas.
  6. Gunakan 2-3 kali seminggu untuk hasil maksimal.

Selain menggunakan lidah buaya segar, gel lidah buaya juga banyak dijual dipasaran. Carilah produk yang mengandung 100% lidah buaya, tanpa bahan tambahan seperti wewangian dan alkohol. Beberapa toko menjual daunnya atau tanaman sehingga dapat dibudidayakan.

Efek Samping Lidah Buaya

Mengutip WebMD, ada beberapa risiko dalam menggunakan lidah buaya pada rambut dan kulit. Bagi beberapa orang, lidah buaya dapat menyebabkan alergi dan mengalami ruam kulit.

Sebelum menggunakan lidah buaya,gosokkan sedikit lidah buaya di bagian dalam pergelangan tangan. Tunggu hingga dua jam untuk melihat apakah ada reaksi alergi.

Jika Anda menggunakan krim steroid seperti hidrokortison, berhati-hatilah dengan lidah buaya karena dapat meningkatkan jumlah kortison yang diserap oleh kulit Anda.

Itulah berbagai manfaat lidah buaya untuk rambut serta cara menggunakan dan efek sampingnya.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait