11 Cara Mengatasi Rambut Rontok

Cara mengatasi rambut rontok bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari cara alami sampai mengonsumsi obat. Berikut 11 cara mengatasi rambut rontok.
Image title
24 Desember 2021, 15:46
11 Cara Mengatasi Rambut Rontok
Pixabay
Ilustrasi Rambut Rontok

Cara mengatasi rambut rontok merupakan kata kunci yang cukup sering dicari bagi mereka yang tengah mengalami kondisi kerontokan. Rambut rontok memang menjadi masalah yang cukup mengganggu. Tidak hanya menurunkan citra penampilan, masalah ini juga kerap berimplikasi terhadap kebotakan.

Namun sebenarnya, tumbuh dan rontoknya rambut merupakan siklus normal. Beberapa rambut rontok biasa ditemukan di sisir, bantal, hingga saluran air shower. Kebanyakan orang tidak begitu memerhatikan kerontokan rambut alami ini, sebab ketebalan rambut dan garis rambut biasanya akan tetap sama.

Orang cenderung terhadap khawatir kerontokan rambut yang berlebihan. Beberapa gejalanya seperti rambut rontok secara tiba-tiba, kehilangan sebagian besar rambut, hingga penipisan.

Ada beberapa kemungkinan penyebab kerontokan rambut yang berlebihan. Salah satu penyebab paling umum adalah karena faktor genetika. Menurut suatu ulasan pada 2019, pola kebotakan memengaruhi hingga 50% pria dan wanita. Sejumlah produk komersial dapat menangani dan memperlambat kebotakan jenis ini.

Advertisement

Pola kebotakan terjadi perlahan seiring bertambahnya usia. Beberapa penyebab langsung kerontokan rambut meliputi:

  • Kemoterapi atau terapi radiasi.
  • Perubahan hormonal, seperti masalah tiroid atau menopause.
  • Stres emosional dan fisik.
  • Penerapan gaya rambut, seperti conrows dan kuncir kuda ketat.
  • Mengonsumsi obat tekanan darah atau kanker.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Mengutip Medical News Today dan sumber terkait lainnya, berikut cara mengatasi rambut rontok:

1. Makan Ekstra Protein

Berdasarkan jurnal yang diterbitkan US National Library of Medicine berjudul “Prevalence of Nutritional Deficiencies in Hair Loss among Indian Participants: Results of a Cross-sectional Study (2017)”, menemukan bahwa beberapa peserta yang mengalami kerontokan rambut memiliki asupan protein dan asam amino yang rendah.

Kendati demikian, masih diperlukan penelitian lanjutan untuk memastikan hubungan antara kekuranan nutrisi dengan kerontokan rambut.

2. Diet Mediterania

Dalam sebuah jurnal berjudul "Mediterranean diet: fresh herbs and fresh vegetables decrease the risk of Androgenetic Alopecia in males (2018)", mengungapkan bahwa diet yang mengandung sayuran mentah dan rempah segar, seperti diet Mediterania, dapat mengurangi risiko androgenic alopecia (pola kebotakan pria dan wanita).

Adapun hasil terbaik terlihat ketika peserta mengonsumsi makanan ini dalam jumlah tinggi, seperti kemangi, peterseli, dan salad hijau lebih dari tiga hari seminggu.

3. Mengonsumsi Suplemen Multivitamin

Sebuah studi menunjukan bahwa vitamin dapat membantu mencegah kerontokan rambut. Sementara itu, tinjauan dari Dermatology and Therapy meneliti peran berbagai vitamin dan mineral dalam mencegah kerontokan rambut.

Dalam tinjaun tersebut ditemukan bahwa kekurangan vitamin dapat menjadi faktor risiko kerontokan rambut. Beberapa vitamin dan mineral yang dapat membantu, yaitu vitamin B, D, A, C, E, selenium, zinc, dan zat besi.

Namun, sebelum mengonsumsi suplemen multivitamin pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Saw Palmetto

Berasal dari buah pohon pinus kerdil Amerika, ramuan ini ampuh membantu pria mempertahankan kadar testosteron.

Selain itu, mengutip jurnal tahun 2004, sekitar 60% peserta penelitian yang menggunakan saw palmetto mengalami peningkatan pertumbuhan rambut.

5. Ginseng

Ginseng juga dapat digunakan sebagai cara mengatasi rambut rontok. Tanaman herbal yang banyak ditemukan di negara-negara Asia ini mengandung fitokimia tertentu yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

6. Pijat Kulit Kepala

Sebuah penelitian kecil pada sembilan pria menemukan bahwa memijat kulit kepala selama 4 menit setiap hari dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Kendati menjanjikan, masih diperlukan penelitian lanjutan dengan sampel yang lebih besar untuk memastikan apakah pijat kulit kepala benar-benar bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok.

7. Minyak Kelapa

Sebuah studi pada tahun 2018 menemukan bahwa minyak kelapa dapat membantu mencegah kerontokan rambut karena kerusakan sinar ultraviolet atau kebiasaan perawatan.

Asam laurat yang ditemukan dalam minyak kelapa membantu mengikat protein di rambut, melindunginya dari kerusakan pada akar dan helai rambut. Memijat kulit kepala dengan minyak kelapa dapat meningkatkan aliran darah dan membantu pertumbuhan rambut.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi hal ini.

8. Mencuci Rambut

Mencuci rambut merupakan cara mengatasi rambut rontok yang mudah untuk dilakukan. Mencuci rambut setiap hari dapat membantu melindungi rambut dari kerontokan serta menjaga kulit kepala tetap sehat dan bersih.

Gunakan sampo dengan formula ringan. Formula yang lebih keras dapat mengeringkan rambut dan membuatnya patah sehingga menyebabkan rambut rontok.

9. Perhatikan Gaya Rambut

Gaya rambut dapat berpengaruh terhadap kerontokan rambut. Hindari gaya kepang atau kuncir kuda ketat yang dapat menarik rambut hingga ke akarnya. Selain itu, alat pengeriting dan pelurus rambut dapat merusak hingga mematahkan batang rambut.

10. Minyak Zaitun

Minyak zaitun atau minyak olive adalah minyak yang didapat dari buah zaitun (Olea europaea), pohon tradisional dari basin Mediterania. Minyak zaitun berasal dari pohon zaitun yang tumbuh lambat, memiliki batang keriput dan abu-abu ramping dengan cabang pecah-pecah.

Kandungan asam oleat minyak zaitun bisa membantu menghambat produksi hormon dihidrotestosteron (DHT) yang dapat menyebabkan rambut rontok. Selain itu, minyak zaitun mengandung antioksidan yang bisa melindungi rambut dan kulit kepala dari paparan radikal bebas.

11. Mengonsumsi Obat

Sejumlah obat untuk mengatasi rambut rontok bisa didapat tanpa resep dokter. Berdasarkan studi tahun 2019, minoksidil adalah obat yang dapat digunakan untuk merangsang pertumbuhan rambut pada pria dan wanita.

Tinjauan tersebut menunjukkan bahwa dokter terkadang menggunakan minoksidil untuk mengobati penyebab kerontokan rambut lainnya, seperti dari kemoterapi.

Selain minoksidil, finasteride juga dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Sebuah studi di Jurnal Dermatologi India menemukan bahwa finasteride efektif untuk menumbuhkan kembali rambut kulit kepala.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait