Kasus Omicron Terus Melonjak, Keluar Masuk Jakarta Akan Diperketat

Ameidyo Daud Nasution
17 Januari 2022, 17:21
omicron, covid-19, jakarta
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.
Suasana air mancur dan lampu di Area patung saat dipadamkan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Sabtu (5/6/2021). Dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day Pemprov DKI Jakarta memadamkan sejumlah lampu dan penggunaan listrik di sejumlah bangunan ikon Jakarta diantaranya kawasan Monas, Patung Kuda dan Bundaran HI.

Kasus Covid-19 varian Omicron terus menyebar di Indonesia. Untuk mengantisipasi penularan lokal semakin tinggi, maka pemerintah akan memperketat dan mengawasi aktivitas keluar masuk Jakarta.

Hal ini lantaran Jakarta merupakan salah satu daerah yang memiliki tingkat penyebaran tinggi Omicron. Pemerintah juga telah memprediksi kasus varian ini akan meningkat pada akhir Februari hingga awal Maret 2022.

Advertisement

Sedangkan keputusan untuk memperketat pembatasan telah diambil dalam rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada Minggu (16/1).

“Memperketat itu dengan cara vaksinasi dan memakai masker. Pendisiplinan ulang terhadap kegiatan yang berhubungan dengan pihak luar dan tak keluar rumah jika tidak penting,” kata Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi dalam keterangan tertulis yang dikutip pada Senin (17/1).

Wapres juga menyinggung adanya kasus positif Omicron di Jawa Timur yang sebelumnya dinyatakan negatif saat karantina. “Sehingga karantina perlu diperketat,” kata Masduki.

Sedangkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, DKI Jakarta menjadi medan perang pertama untuk menghadapi varian anyar Covid-19 ini. Ini lantaran mayoritas varian baru ditemukan di ibu kota.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement