Slogan adalah Kalimat Pendek, Pahami Ciri-ciri dan Contohnya
Dalam poster atau iklan, terdapat slogan yang menarik bagi para pembaca. Slogan adalah kalimat pendek yang menarik, singkat, dan mudah diingat untuk memberitahukan atau menjelaskan tujuan suatu kegiatan. Slogan bertujuan untuk menarik atau mengajak masyarakat agar melakukan atau tidak melakukan tindakan.
Slogan termasuk elemen dari merek yang memberikan kontribusi penting dalam meningkatkan daya tarik suatu produk. Mengutip buku Smarter Marketing Move, dalam konteks dengan ekuitas merek, maka suatu slogan yang kuat akan memberikan kontribusi terhadap kekuatan suatu merek.
Biasanya, slogan dibuat untuk mengajak seseorang untuk melaksanakan sesuatu. Misalnya untuk membeli suatu produk atau menaati suatu aturan yang telah dibuat. Karena tujuan utamanya adalah untuk mengajak, maka penggunaan kata perlu diperhatikan agar tidak terlalu panjang. Dalam pembuatan slogan, gunakanlah beberapa kata saja agar mudah diingat oleh banyak orang.
Pengertian Slogan Menurut Ahli
Terdapat pengertian slogan menurut para ahli sebagai berikut.
- Liliweri (1992) mendefinisikan slogan adalah sebuah kata atau frase yang mudah diingat dan digunakan. Misalnya, partai politik atau periklanan menggunakan slogan untuk menarik perhatian orang atau menyarankan sebuah gagasan dengan cepat.
- Menurut Leech (1972), slogan adalah frase yang pendek dan mudah diingat. Contohnya perusahaan menggunakan slogan secara konsisten yang merupakan elemen penting.
- Alwi (2003) menjelaskan bahwa slogan merupakan bentuk penyampaian informasi atau pemberitahuan dan slogan biasanya ditulis dengan kalimat pendek, menarik, singkat dan persuasif yang bertujuan untuk menegaskan sebuah pemikiran atau prinsip. Slogan juga dapat berupa perkataan pendek dan mencolok sehingga mudah diingat untuk menjelaskan tujuan suatu ideologi, organisasi, dan partai politik.
- Menurut Haryanto (2006), slogan adalah frase atau kalimat pendek yang mudah diingat dan dipakai untuk memberitahukan atau menjelaskan tujuan organisasi, ideologi, dan sebagainya.
- Sukini (2005) menerangkan bahwa slogan merupakan kalimat pendek dan singkat yang bersifat persuasif serta susunan kalimat tidak seperti biasa.
Kumpulan pengertian tersebut bersumber dari buku Mahir Menulis Kreatif Teks Iklan, Slogan dan Poster.
Ciri-ciri Slogan
Menurut buku Mahir Menulis Kreatif Teks Iklan, Slogan dan Poster, slogan memiliki unsur kata-kata dan suara. Slogan bersifat persuasif sehingga mengutamakan unsur kata-kata. Selain itu, unsur slogan termasuk mengandung hubungan akibat-sebab. Ciri-ciri slogan meliputi:
- Kata-katanya singkat, menarik, dan mudah diingat.
- Disajikan dalam bentuk frasa, klausa, atau kalimat.
- Merupakan semboyan suatu organisasi atau masyarakat.
Syarat Penulisan Slogan
Mengutip buku New Edition Big Book Bahasa Indonesia, syarat penulisan slogan meliputi:
- Kepadatan isi (singkat).
- Kesesuaian slogan dengan tujuan, visi, atau harapan yang ditentukan.
- Keaslian slogan (tidak meniru).
- Keindahan dan kemenarikan pilihan kata yang digunakan.
Ciri Kebahasaan Slogan
Slogan memiliki ciri bahasa yang menarik, mudah dipahami, serta bersifat persuasif. Slogan mengandung isi yang singkat dan jelas. Kalimatnya pendek, menarik, dan mudah diingat, serta menjelaskan visi dan misi.
Slogan terdiri dari beberapa kata saja dan menarik karena tujuan utamanya adalah agar mudah diingat. Adapun ciri kebahasaan slogan meliputi:
- Menggunakan kata atau frase yang singkat, padat, dan mudah diingat.
- Memiliki hubungan sebab-akibat.
- Mencolok dan menarik serta berisi informasi.
- Sering disebut motto atau semboyan.
- Mengutamakan unsur kata-kata.
Contoh Slogan
Adapun contoh slogan sebagai berikut.
- “Damai itu indah.”
- “Selamatkan hutan kami.”
- “Biarkan kami hidup.”
- “KFC, jagonya ayam.”
- “Pemuda sehat, negara kuat.”
- “Sekali merdeka, tetap merdeka.”
- “Jagalah sehatmu sebelum sakitmu.”
- “Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh.”
- “Kelas bersih, hati jernih.”
- “Hutan dibakar banjir melanda.”
- “Hijaulah alamku, lestarilah lingkunganku.”
- “Hutan untuk rakyat.”
- “Budayakan hidup sehat.”
- “Jauhi narkoba sebelum dunia menjauhi dirimu.”
- “Narkoba awal dari kejahatan dan kehancuran.”
- “Jangan menyiakan hidupmu hanya karena dengan narkoba.”
- “Hidup menjadi lebih indah tanpa narkoba.”
- “Berbahasa indonesia dengan baik dan benar cermin cinta bahasa.”
- “Aku dan kau suka Dancow.”
- “Berani kotor itu baik.”
Demikian penjelasan tentang slogan.