Kreativitas Adalah Kemampuan Mencipta, Ini Ciri dan Faktornya

Image title
17 Januari 2022, 13:37
Kreativitas adalah kemampuan untuk mencipta.
Pexels.com/Brett Sayles
Kreativitas adalah kemampuan untuk mencipta.

Secara sederhana, kreativitas adalah kemampuan untuk mencipta. Artinya, bagaimana seseorang menggunakan daya imajinasinya dan sejumlah kemungkinan yang diperoleh karena interaksi dengan ide atau gagasan, orang lain, serta lingkungan.

Suatu kreativitas dapat mewujudkan ide cemerlang yang belum pernah terpikirkan sebelumnya oleh sebagian besar orang. Kemampuan ini dapat berguna untuk banyak hal, salah satunya untuk menyelesaikan masalah yang tengah dihadapi.

Kreativitas Menurut Ahli

Widayatun

Pengertian kreativitas adalah kemampuan memecahkan masalah yang memberikan individu kemampuan menciptakan ide-ide asli atau adaptif fungsi kegunaannya secara penuh untuk berkembang.

Munandar

Menurut Munandar, kreativitas adalah kemampuan mengombinasikan, memecah masalah, dan cerminan dari kemampuan operasional anak kreatif.

James R. Evans

Pengarang James R. Evans mengatakan kreativitas adalah keterampilan menentukan pertalian baru dengan melihat subjek perspektif baru dan membentuk kombinasi-kombinasi baru dari dua atau lebih konsep dalam pikiran.

James J. Gallagher

Pria yang dikenal secara khusus sebagai kepala arsitek Program Pendidikan Individual ini mengemukakan kreativitas sebagai suatu proses mental yang dilakukan seseorang beruapa gagasan atau produk baru, atau mengombinasikan keduanya yang pada akhirnya akan melekat pada dirinya.

Ciri dan Tahap Kreativitas

Beberapa tindakan atau pikiran tertentu dapat mengarah pada kreativitas. Meneruskan catatan "Pedoman Diagnostik Petensi Peserta Didik (2004)" oleh Nurhayati, berikut ciri-ciri kreativitas:

  • Memiliki rasa ingin tahu yang besar.
  • Menciptakan beragam gagasan untuk memecahkan suatu masalah.
  • Sering mengemukakan tanggapan yang unik dan pintar.
  • Berani mengambil risiko.
  • Senang mencoba hal-hal baru.
  • Peka terhadap keindahan dan estetika.

Di samping itu, kreativitas dapat muncul melalui tahapan sebagai berikut:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...