10 Jenis Pengangguran dan Dampaknya pada Ekonomi

Dwi Latifatul Fajri
18 Februari 2022, 11:32
Jenis Jenis Pengangguran
Pexels.com/Ron Lach
Penyebab Pengangguran

Sebagai negara berkembang Indonesia memiliki permasalahan dalam ketenagakerjaan. Pemerintah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan lapangan pekerjaan dan perlindungan tenaga kerja.

Dalam dunia kerja ada istilah angkatan kerja, pengangguran, dan tenaga kerja. Angkatan kerja adalah orang-orang yang bersedia dan mampu untuk bekerja.

Tenaga kerja adalah seseorang yang mampu bekerja untuk menghasilkan produk barang dan jasa. Tenaga kerja ini mampu menghasilkan kebutuhan untuk masyarakat.

Pengangguran adalah orang yang mencari kerja atau sama sekali tidak bekerja. Untuk mengurangi jumlah pengangguran diadakan kesempatan kerja sesuai permintaan tenaga kerja.

Mengutip laman Kemdikbud.go.id, ada berbagai upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja. Contohnya di Indonesia ada pengembangan kemampuan melalui pelatihan.

Ada juga pengelolaan prestasi tenaga kerja untuk meningkatkan profesionalisme di bidang tenaga kerja, peningkatan gizi, kesehatan, dan kualitas mental.

Penyebab Pengangguran

  1. Penduduk di suatu negara relatif banyak
  2. Jumlah angkatan kerja tidak sesuai dengan persyaratan yang diminta di dunia kerja
  3. Pendidikan dan ketrampilan masyarakat masih rendah
  4. Teknologi semakin modern namun masyarakat belum bisa menguasai
  5. Lapangan kerja dipengaruhi oleh musim dan jumlah yang diterima sedikit
  6. Pengusaha mengejar keuntungan dengan berbagai cara seperti menyerap sedikit tenaga kerja
  7. Keamanan suatu negara belum stabil
  8. Kondisi ekonomi dan politik negara tidak stabil

Dampak Pengangguran Terhadap Ekonomi

Pengangguran berdampak pada pembangunan dan ekonomi. Pembangunan suatu negara bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya pengangguran.

Dampak pengangguran di bidang pembangunan dapat menurunkan pendapatan nasional, pendapatan perkapita masyarakat, sumber utama kemiskinan, hingga pemborosan sumber daya, dan potensi yang ada.

Faktor yang menentukan kemakmuran masyarakat di suatu negara dipengaruhi oleh pendapatan. Masyarakat di negara maju mendapatkan pendapatan tinggi karena tenaga kerja banyak dibutuhkan.

Sedangkan tenaga kerja berdampak mengurangi pendapatan masyarakat. Hal ini menimbulkan permasalahan di bidang konsumsi, kesehatan, ekonomi, dan sosial.

Berikut dampak pengangguran di bidang ekonomi:

1. Kegiatan Produksi Terhambat

Mengutip dari Buku Ekonomi Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial, pendapatan per kapita dan nasional bisa menurun karena pengangguran. Penyebabnya kualitas dan produk yang dihasilkan menurun.

2. Kegiatan Distribusi Tidak Lancar

Produk yang dihasilkan suatu perusahaan bisa berkualitas rendah, hingga tidak laku di pasaran. Hal ini bisa mempengaruhi rendahnya pertumbuhan ekonomi karena produk tidak laku di pasar dalam negeri dan luar negri.

3. Menurunkan Pendapatan Per Kapita

Orang yang tidak bekerja tidak dapat menghasilkan uang, barang, dan jasa. Semakin banyak orang yang menganggur dapat mempengaruhi produk domestik bruto (PDB). Turunnya PDB bisa mempengaruhi turunnya pendapatan perkapita.

Rumus menghitung PDB:

PDB tahun x Jumlah penduduk tahun

Halaman:
Editor: Intan

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...