Uang RI Pecahan Rp 75 Ribu Dapat Penghargaan Global dari IACA

Intan Nirmala Sari
26 Februari 2022, 15:21
Warga menukarkan uang pecahan 75.000 edisi HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia di Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (19/8/2020).
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Warga menukarkan uang pecahan 75.000 edisi HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia di Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (19/8/2020).

Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia alias UPK 75 RI, masuk ke dalam deretan finalis Currency Award tahun 2022 yang diselenggarakan International Association of Currency Affairs (IACA). UPK 75 RI bersanding dengan empat finalis mata uang lainnya. 

Adapun mata uang lainnya yang juga masuk dalam deretan finalis, yaitu uang kertas N$30 dari Bank Sentral Namibia, Uang Kertas Peringatan 20 Pesos Seri G Kemerdekaan 200 tahun Meksiko dari Bank Sentral Meksiko, Uang Peringatan 20 Quetzales dari Bank Sentral Guatemala, Uang Kertas Khusus S$20 Peringatan Dua Abad Singapura dari Otoritas Moneter Singapura.

Masuknya UPK 75 RI ke jajaran lima besar Uang Kertas Peringatan Baru atau Peredaran Terbatas Terbaik di dunia, menjadi kebanggaan tersendiri dan pengakuan dunia internasional atas kualitas uang Rupiah Indonesia.

"Keberhasilan tersebut juga memperkuat apresiasi dunia internasional kepada rupiah, yang bukan hanya berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia, tetapi juga sebagai salah satu simbol kedaulatan bangsa Indonesia," kata Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Erwin Haryono dalam keterangan resminya, Jumat (25/2).

IACA Currency Awards merupakan penghargaan yang diberikan terhadap pencapaian atas perkembangan, dan inovasi di sektor pembayaran tunai yang diikuti oleh 39 negara pada 2022.

Unsur penilaian pemenang ditentukan melalui kurasi komite penyelenggara dan pemungutan suara seluruh anggota IACA. Adapun kriterianya mencakup, pertama inovasi fitur dan teknologi yang digunakan, kedua integrasi fitur pengaman dan desain, ketiga inovasi desain grafis, dan terakhir nilai keunikan, sejarah dan unsur lokal.

Sebagai informasi, IACA merupakan forum konsultasi dan kolaborasi bagi para pelaku sistem pembayaran tunai. Adapun anggotanya terdiri dari bank sentral, otoritas penerbit uang, perusahaan pencetakan uang, pemasok bahan dan unsur pengaman uang serta institusi keuangan.

UPK 75 RI secara khusus diluncurkan saat peringatan 75 tahun kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2020. Uang edisi khusus tersebut menggambarkan tiga tema besar, yaitu mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kebhinekaan, dan menyongsong masa depan gemilang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...