Dua Bulan Jelang Formula E, Sirkuit dan Penjualan Tiket Belum Siap

Yuliawati
Oleh Yuliawati
30 Maret 2022, 11:23
Formula E, Jakarta
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Foto udara progres pembangunan Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu (23/2/2022).

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dianggap kurang matang menyiapkan perhelatan ajang balap mobil listrik internasional Formula E  Jakarta. Formula E Jakarta atau Jakarta E-Prix akan diadakan dua bulan mendatang pada 4 Juni 2022, tapi pembangunan sirkuit masih dalam tahap konstruksi dan belum ada penjualan tiket.

"Kami mempertanyakan mundurnya jadwal penjualan tiket Formula E. Ini semakin aneh. Karena apa lagi, kalau bukan persiapannya yang kurang," kata Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Fraksi PSI Anggara Wicitra Sastroamidjojo, dikutip dari Antara, Rabu (30/3).

Advertisement

Pembangunan sirkuit Formula E Jakarta hingga Jumat (25/3) baru mencapai 87,9%. Kontruksi itu belum termasuk pembangunan untuk tempat penonton, paddock atau garasi tim balap, dan fasilitas pendukung lainnya.

Wincitra khawatir waktu yang tersisa dua bulan tak cukup untuk promosi penjualan tiket. "Jadwal penjualan tiket diundur. Berarti kan kurang dari dua bulan saja promosinya. Apakah cukup?," katanya.

Dia membandingkan persiapan Formula E di Vancouver, Kanada dan di New York, Amerika Serikat yang dilaksanakan pada pertengahan Juli 2022. Panitia acara tersebut sudah menjual tiket sejak Maret atau empat bulan sebelum pelaksanaan.

Panitia konser penyanyi Justin Bieber pun sudah menjual tiket, padahal agendanya akan dilaksanakan pada November mendatang. "Bahkan informasi terkait lokasi duduk, harga, sudah bisa diakses dari sebelum penjualan tiket dibuka," ucapnya.

Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu mengingatkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak bisa menyepelekan penyelenggaraan Formula E. Apalagi ajang ini menggunakan dana APBD mencapai Rp 560 milliar.

Adapun Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan Jakarta Propertindo (Jakpro) masih mempertimbangkan waktu yang tepat untuk mulai menjual tiket Formula E. Riza menyatakan panitia sudah memperhitungkan dan melakukan studi ke negara lain.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement