Teriak "Jokowi Tiga Periode", APDESI Singgung Hubungan dengan Luhut

Image title
31 Maret 2022, 20:52
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/rwa.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) mengaku tidak terlibat politik praktis, khususnya dalam  bentuk dukungan penambahan masa jabatan presiden menjadi tiga periode. Namun, jajaran pengurus membebaskan para anggotanya menyuarakan aspirasi mereka, termasuk penambahan masa jabatan Presiden Joko Widodo menjadi tiga periode.

Menurut Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) APDESI Asri Anas, teriakan dukungan terhadap Jokowi tiga periode terjadi karena pola pikir para kepala desa yang sederhana mengenai masa jabatan.

“Masa kita (kepala desa) tiga periode, presiden tidak tiga periode? Persoalan dia melekat di konstitusi atau undang-undang, kita tidak mau pusing," kata Asri dalam Konferensi Pers di Jakarta, Kamis (31/3).

Asri menuturkan, teriakan tiga periode untuk Jokowi saat acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) APDESI tidak bergema lebih jauh, justru karena dihentikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

“Kalau teman-teman memberikan aspirasi kepada Pak Jokowi, itu lumrah. Tidak ada arahan dari Pak Luhut," katanya.

Secara organisasi, APDESI tak akan membahas lebih lanjut persoalan dukungan perpanjangan masa jabatan presiden. "Kita tidak akan ada lobi-lobi setelah ini,” janji Asri.

Menyangkut hubungannya dengan Luhut, Asri mengaku sering berkomunikasi dengan Menko Marves untuk meminta berbagai arahan. Sebab, Luhut merupakan Ketua Dewan Pembina APDESI. Komunikasi dilakukan terkait dengan ruang lingkup APDESI, dan bukan menyangkut dukungan untuk menjadikan masa jabatan Jokowi menjadi tiga periode.

“Kalau mau ketemu beliau, surat audiensi kita resmi. Kalau ada by phone kan biasa, namanya minta petunjuk, dan itu kita lakukan untuk yang lain. Itu tidak ada arahan periode,” jelasnya.

Luhut terpilih sebagai Ketua Dewan Pembina APDESI karena jabatannya dalam struktur pemerintahan dinilai memiliki fungsi yang strategis. Selain Luhut, beberapa menteri juga masuk dalam jajaran Dewan Pembina APDESI, seperti Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto; serta Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...