BLT Minyak Goreng Cair April 2022, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Tia Dwitiani Komalasari
4 April 2022, 12:49
Warga antre untuk membeli minyak goreng curah di salah satu agen minyak goreng di kawasan Pucang Adi, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (2/4/2022).
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/tom.
Warga antre untuk membeli minyak goreng curah di salah satu agen minyak goreng di kawasan Pucang Adi, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (2/4/2022).

Pemerintah akan mengucurkan program Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng kepada 20,5 juta keluarga dan 2,5 juta pedagang kaki lima yang berjualan makanan gorengan. Penerima BLT minyak goreng akan mendapatkan uang tunai Rp 300.000 bulan ini.

Presiden Joko Widodo mengatakan, BLT diberikan untuk meringankan beban masyarakat akibat harga minyak goreng yang tinggi. Ini merupakan dampak dari lonjakan harga minyak sawit di pasar internasional.

“Saya minta Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, dan TNI serta Polri berkoordinasi agar pelaksanaan bantuan ini berjalan dengan baik dan lancer,” kata Jokowi melalui akun youtube sekretariat negara, Jumat (1/4).

Bantuan yang diberikan sebesar Rp 100 ribu setiap bulannya. Namun, pemerintah akan membayarkan bantuan untuk April, Mei, dan Juni sekaligus di awal. Jadi, penerima bantuan mendapatkan BLT langsung Rp 300 ribu pada April 2022.  Berikut syarat penerima, cara mengecek penerima BLT Minyak goreng, dan cara pendaftarannya.

Syarat untuk mendapatkan BLT Minyak goreng:

  1. Terdaftar sebagai peneriman Bantuan Pangan Non Tunai
  2. Terdaftar sebagai penerima bantuan Program Keluarga Harapan
  3. Pedagang kaki lima yang berjualan makanan gorengan.

Cara mengecek daftar penerima Bansos:

1. Melalui cekbansos.kemensos.go.id

a. Masuk ke cekbansos.kemensos.go.id

b. Isikan data yang diminta, mulai wilayah dan nama

c. Ketikkan kode yang terdiri dari delapan digit huruf, sertakan juga spasi sebagaimana terlihat dalam gambar

d. Klik "Cari Data"

e. Nama anda akan muncul jika sudah terdaftar sebagai penerima BLT. Namun, untuk memastikan apakah Anda termasuk penerima BPNT 2022, pastikan dalam kolom status BPNT tertulis "Ya". Buka halaman selanjutnya untuk cara cek penerima bansos lainnya

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...