Sudah Dibuka, Begini Cara Daftar Sekolah Kedinasan 2022

Siti Nur Aeni
11 April 2022, 12:32
Sudah Dibuka, Begini Cara Daftar Sekolah Kedinasan 2022
instagram/@pknstan
Ilustrasi, mahasiswa menghadiri seminar yang diadakan di STAN pada 2019 lalu.

Pemerintah kembali membuka pendaftaran sekolah kedinasan 2022. Tak tanggung-tanggung, di tahun ini tersedia 7080 formasi yang tersebar di beberapa sekolah kedinasan.

Perlu diketahui bahwa sejak dahulu, sekolah kedinasan menjadi idaman banyak pelajar di Indonesia. Selain menjamin karir yang pasti, biaya sekolah kedinasan juga relatif terjangkau bahkan gratis. Tak hanya itu, jika dilihat proses administrasinya, syarat dan tata cara pendaftarannya juga tidak sulit.

Calon peserta didik bisa melakukan pendaftaran secara online. Lantas, bagaimana cara mendaftar sekolah kedinasan 2022? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Syarat Daftar Sekolah Kedinasan

Secara umum, ada beberapa dokumen yang menajdi syarat daftar sekolah kedinasan. Berikut daftarnya:

  1. Kartu keluarga.
  2. Kartu tanda penduduk (KTP).
  3. Ijazah.
  4. Rapor SMA/sederajat.
  5. Pas foto.

Selain lima persyaratan di atas, setiap sekolah kedinasan juga memberikan persyaratan tersendiri. Untuk melihat ketentuan dan persyaratan dari masing-masing sekolah kedinasan, Anda bisa melihatnya di https://dikdin.bkn.go.id/daftarInstansi.

Cara Daftar Sekolah Kedinasan 2022

Proses pendaftaran sekolah kedinasan 2022 tidaklah sulit. Mengutip dari situs dikdin.bkn.go.id, berikut ini alur pendaftarannya.

  1. Akses portal dikdin.bkn.go.id menggunakan laptop atau handphone.
  2. Setelah itu, buat akun SSCASN Sekolah Kedinasan dengan menggunakan NIK yang tervalidasi oleh Dukcapil, lalu cetak kartu informasi akun.
  3. Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan menggunakan NIK dan password yang telah dibuat sebelumnya.
  4. Unggah swafoto, pilih sekolah kedinasan, lengkapi nilai, unggah berkas, dan lengkapi biodata.
  5. Cek resume kemudian cetak kartu pendaftaran.
  6. Setelah itu, verifikator instansi akan memverfikasi data dan berkas yang dikirimkan pelamar.
  7. Jika proses verifikasi selesai, pelamar bisa mengecek status kelulusan dengan cara login kembali ke SSCASN Sekolah Kedinasan dan cek status kelulusan administrasi.
  8. Calon peserta didik sekolah kedinasan 2022 yang lulus verifikasi akan mendapatkan kode billing, kemudian cek informasi pembayaran biaya ujian CAT di masing-masing sekolah kedinasan.
  9. Tahap selanjutnya yaitu cetak kartu ujian. Pencetakan kartu ujian bisa dilakukan setelah pembayaran terkonfirmasi oleh sistem.
  10. Pelamar harus mengikuti proses seleksi sesuai dengan ketentuan dari masing-masing instansi.
  11. Setelah itu, pelamar harus menunggu sampai hasil seleksi diumumkan panitia.

Cara Pembayaran Ujian CAT Sekolah Kedinasan 2022

Pembayaran ujian CAT bisa dilakukan melalui bank Mandiri, BNI, BRI, dan BCA. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

Pembayaran melalui Bank Mandiri

  1. Masukkan kartu ATM dan PIN Anda.
  2. Setelah itu, pilih menu Bayar/Beli kemudian pilih Penerimaan Negara.
  3. Klik menu Pajak/PNBP/CUKAI dan masukkan 15 digit kode billing.
  4. Transfer tagihan yang tertera kemudian foto bukti transfer yang Anda terima.

Pembayaran melalui BNI

  1. Masukkan kartu ATM dan PIN Anda.
  2. Setelah itu, pilih menu Pembayaran dan pilih Pajak/Penerimaan Negara.
  3. Klik menu Pajak/PNBP/Bea & CUKAI dan masukkan 15 digit kode billing.
  4. Transfer tagihan yang tertera kemudian foto bukti transfer yang Anda terima.

Pembayaran melalui BRI

  1. Masukkan kartu ATM dan PIN Anda.
  2. Setelah itu, pilih menu Transaksi Lainnya lalu pilih menu Pembayaran.
  3. Klik menu Penerimaan Negara dan masukkan 15 digit kode billing.
  4. Transfer tagihan yang tertera kemudian foto bukti transfer yang Anda terima.

Pembayaran melalui BCA

  1. Masukkan kartu ATM dan PIN Anda.
  2. Setelah itu, pilih menu Pembayaran lalu pilih MPN/Pajak.
  3. Klik menu Penerimaan Negara dan masukkan 15 digit kode billing.
  4. Transfer tagihan yang tertera kemudian foto bukti transfer yang Anda terima.

Jadwal Seleksi Sekolah Kedinasan 2022

Menurut penjelasan di situs dikdin.bkn.go.id, berikut jadwal seleksi sekolah kedinasan 2022 yang perlu diketahui.

  1. Pengumuman pendaftaran sekolah kedinasan: 1 – 8 April 2022.
  2. Pendaftaran sekolah kedinasan 2022: 9 April (09.22 WIB) – 30 April 2022 (23.59 WIB).
  3. Pelaksanaan ujian seleksi kompetensi dasar: Mei – Juni 2022 (tentative).
  4. Pelaksanaan seleksi lanjutan diatur masing-masing sekolah kedinasan.

Daftar Sekolah Kedinasan 2022

Di tahun ini, ada delapan instansi yang membuka pendafataran sekolah kedinasan. Berikut daftarnya.

  1. Kementerian Keuangan – STAN.
  2. Kementerian Perhubungan – STTD, 10 Sekolah Tinggi, Poltek, dan Akademi lainnya.
  3. Kementian Hukum dan HAM – POLTEKIP dan POLTEKIM.
  4. Kementerian dalam Negeri – IPDN.
  5. Badan Intelijen Negara – STIN.
  6. Badan Pusat Statistik – STIS.
  7. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika – STMKG.
  8. Badan Siber dan Sandi Negara – Poltek SSN.

Sementara itu, untuk formasi yang dibuka dalam pendaftaran sekolah kedinasan tahun ini bisa Anda lihat di link https://dikdin-daftar.bkn.go.id/spf.

Itulah tata cara pendaftaran sekolah kedinasan 2022 yang penting dipahami. Agar tidak ketinggalan informasi, pastikan Anda memantau sosial media sekolah kedinasan yang dituju.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...