Populasi Adalah Salah Satu Objek Penelitian, Ini Penjelasan Para Ahli

Image title
25 April 2022, 06:00
populasi adalah
ANTARA FOTO/ Irwansyah Putra/foc.
Ilustrasi, pawang gajah (mahout) Conservation Response Unit (CRU) Sampoiniet menjelaskan tentang satwa langka dan dilindungi gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus) jinak pada relawan Forum Jurnalis Lingkungan (FJL) Aceh. Data yang diperoleh FJL Aceh menyebutkan populasi gajah sumatera saat ini berkisar 1.600 hingga 2.000 individu yang tersebar di provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu dan Lampung.

Terma populasi sering diartikan sebagai jumlah keseluruhan objek penelitian. Menurut sejumlah sumber yang salah satunya berasal dari jurnal dengan berjudul Populasi dan Sampel Penelitian oleh Supardi yang diterbitkan Universitas Islam Indonesia, pengertian populasi adalah semua nilai yang diperoleh dari hasil perhitungan, maupun pengukuran. Pahami bahwa populasi adalah bisa digunakan dalam penelitian kualitatif maupun kuantitatif.

Salah satu sumber mengenai arti populasi terlansir dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yang berarti bahwa populasi adalah seluruh jumlah orang atau penduduk di suatu daerah. Populasi adalah jumlah orang atau pribadi yang mempunyai ciri-ciri yang sama. Populasi adalah sekelompok orang, benda, atau hal yang menjadi sumber pengambilan sampel, suatu kumpulan yang memenuhi syarat dengan masalah penelitian.

Penjelasan Singkat Mengenai Populasi Dari Para Ahli

Berikut sejumlah penjelasan mengenai populasi dari para ahli yang dilansir dari Liputan6.com dan rangkuman sejumlah sumber:

1. Pengertian Populasi Menurut Nazir (2005)

Pengertian populasi adalah sekumpulan individu dengan kualitas dan karakter yang sudah ditetapkan oleh peneliti. Ciri, karakteristik, dan kualitas itu yang dinamakan sebagai variabel. Ia membagi populasi menjadi dua yakni populasi finit dan infinit.

2. Pengertian Populasi Menurut Margono (2004)

Pengertian populasi adalah keseluruhan data yang menjadi pusat perhatian seorang peneliti dalam ruang lingkup dan waktu yang telah ditentukan. Populasi berkaitan dengan data-data, jika seorang manusia memberikan suatu data, maka ukuran atau banyaknya populasi akan sama banyaknya manusia.

3. Pengertian Populasi Menurut Bugin (2000: 40)

Pengertian populasi adalah keseluruhan (universum) dari objek penelitian berupa manusia, hewan, tumbuhan, udara, gejala, nilai, peristiwa, sikap hidup, dan sebagainya sehingga objek ini dapat menjadi sumber data penelitian.

 4. Pengertian Populasi Menurut Widiyanto (2010: 5)

Pengertian populasi adalah suatu kelompok atau kumpulan objek atau objek yang akan digeneralisasikan dari hasil penelitian.

5. Pengertian Populasi Menurut Hartono (2011: 46)

Pengertian populasi adalah dengan karakteristik tertentu ada yang jumlahnya terhingga dan ada yang tidak terhingga. Penelitian hanya dapat dilakukan pada populasi yang terhingga saja.

6. Pengertian Populasi Menurut Arikunto Suharsimi (1998: 117)

Pengertian populasi adalah keseluruhan objek penelitian. Apabila seseorang ingin meneliti sebuah elemen yang ada dalam wilayah penelitian tersebut, maka penelitiannya merupakan penelitian populasi.

7. Pengertian Populasi Menurut Sugiyono (1997: 57)

Pengertian populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas objek/subjek yang memiliki kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.

8. Pengertian Populasi Menurut Ismiyanto

Pengertian populasi adalah keseluruhan objek atau totalitas subjek penelitian yang dapat berupa orang, benda, atau suatu hal yang didalamnya dapat diperoleh dan atau dapat memberikan informasi (data) penelitian.

9. Pengertian Populasi Menurut Hadari Nawawi (1983)

Pengertian populasi adalah keseluruhan objek penelitian yang terdiri atas manusia, hewan, benda-benda, tumbuh, peristiwa, gejala, ataupun nilai tes sebagai sumber data yang mempunyai karakteristik tertentu dalam suatu penelitian yang dilakukan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...