Tesis Adalah Tugas Akhir Mahasiswa S2, Berikut Struktur Penulisannya

Image title
23 Mei 2022, 15:05
tesis adalah
Unsplash/Christin Hume
Ilustrasi, seseorang menulis karya ilmiah. Tesis adalah karya ilmiah yang ditulis untuk mendapatkan gelar kesarjanaan strata dua atau S2.

Tesis erat kaitannya dengan dunia pendidikan. Tugas akhir ini dibebankan kepada mahasiswa untuk memeroleh gelar tertentu sesuai disiplin ilmu yang mereka tekuni.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tesis adalah pernyataan atau teori yang didukung oleh argumen yang dikemukakan dalam karangan untuk memeroleh gelar kesarjanaan pada perguruan tinggi.

Advertisement

Tesis juga bisa diartikan sebagai karangan ilmih yang ditulis untuk mendapatkan gelar kesarjanaan pada suatu universitas. Jika skripsi diperuntukan untuk mahasiswa S1, tesis adalah tugas akhir untuk jenjang magister atau S2.

Mengutip atmajaya.ac.id, menurut APA Manual (2010), karya ilmiah dapat berbentuk studi empiris, studi literatur, studi kasus, studi teoretis, atau studi metodologis. Umumnya tesis berbentuk studi empiris dan studi kasus.

Studi empiris adalah bentuk riset yang menggunakan data yang didapat dari proses observasi aktual atau eksperimen. Selanjutnya, bukti tersebut dianalisis secara kuantitatif maupun kualitatif.

Sedangkan studi kasus adalah analisis mendalam terhadap objek tertentu. Studi kasus harus bisa mengilustrasikan masalah dan menunjukan cara pemecahan masalah tersebut, dan/atau memberikan rekomendasi terkait riset-riset yang diperlukan.

Karakteristik Tesis

Tesis menjadi semacam bukti yang menggambarkan tingkat kemampuan seseorang dalam disiplin ilmu tertentu. Semakin baik kualitas tesis, semakin membuktikan kemampuan penulisnya dalam menguasai disiplin ilmu yang mereka praktikkan.

Penyusunan tesis cenderung lebih mendalam dibanding skripsi. Di samping itu, peran dosen pembimbing juga lebih sedikit. Hanya saja, penulis belum dituntut untuk membuat penemuan baru layaknya mahasiswa S3.

Adapun karakteristik tesis adalah sebagai berikut:

  • Fokus pada salah satu isu sentral dalam suatu disiplin ilmu pendidikan. Karya ilmiah ini dibuat berdasarkan jenis program studi yang ditempuh oleh pembuatnya.
  • Berlandaskan pada pengujian empirik dalam suatu posisi teoritis tertentu.
  • Menggunakan data primer sebagai data utama dan diperkuat dengan beberapa data sekunder.
  • Ditulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Apabila program studi yang diambil adalah program bahasa asing, maka tesis ditulis dengan tata bahasa asing yang baik dan benar pula.

Ciri-ciri Tesis

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat dijabarkan ciri-ciri tesis, yakni sebagai berikut;

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement