Jokowi Resmi Lantik Pimpinan BPIP, Megawati Ketua Dewan Pengarah

Ameidyo Daud Nasution
7 Juni 2022, 14:21
jokowi, bpip, megawati
Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat melantik pejabat BPIP di Istana Negara, Jakarta, Selasa (7/6). Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo resmi melantik pejabat Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) 2022 hingga 2027. Pelantikan dilakukan di Istana Negara, Jakarta pada Selasa (7/6).

Presiden Keenam RI Megawati Soekarnoputri hadir dalam pelantikan dan kembali menjadi Ketua Dewan Pengarah BPIP. Sedangkan Wakil Presiden RI periode 1993-1998 Try Sutrisno menjadi Wakil Ketua Dewan Pengarah BPIP.

Pelantikan dilakukan pada pukul 13.30 WIB dan diawali dengan pembacaan sumpah sesuai agama para pejabat masing-masing. Prosesi diakhiri lagu kebangsaan dan pemberian selamat oleh Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Bahwa saya akan setia menghayati dan mengamalkan Pancasila dalam menjalankan tugas dan kehidupan sehari-hari," kata Jokowi yang diikuti para pejabat BPIP.

 Selain Megawati dan Try Sutrisno, nama baru yang dilantik adalah mantan Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Prof. Dr. Muhammad Amin. Ia   menggantikan Ahmad Syafii Maarif yang meninggal dunia

Sedangkan Dr. drs. Karjono akan menggantikan Prof. DR. Hariyono sebagai Wakil Kepala BPIP. Karjono sebelumnya adalah Sekretaris Utama badan tersebut

Presiden Joko Widodo saat berbincang dengan Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri di Istana Negara, Jakarta, Selasa (7/6). Foto: Tangkapan
Presiden Joko Widodo saat berbincang dengan Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri di Istana Negara, Jakarta, Selasa (7/6). Foto: Tangkapan (Youtube Sekretariat Presiden)

Adapun susunan pejabat BPIP sebagai berikut:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...