Erick Thohir Tertarik Transformasi Kota Tua Jakarta

Padjar Iswara
26 Juni 2022, 19:53
Menteri BUMN Erick thohir mengunjungi kota Tua di Jakarta, (26/6)
Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick thohir mengunjungi kota Tua di Jakarta, (26/6)

Menteri BUMN Erick Thohir mengunjungi Kota Tua, Jakarta Utara Minggu siang (26/6). Di kawasan seluas 1,3 km persegi yang juga disebut Batavia Lama (Oud Batavia) tersebut ada beberapa gedung milik BUMN.  

Erick punya misi dan gagasan mengubah Kota Tua agar lebih bermanfaat dan maksimal seperti Gedung Sarinah di Jakarta Pusat. "Saya tertarik dan terinspirasi melihat bangunan di sekitar Kota Tua ini,” ujar dia melalui siaran pers.

Dia mengatakan, aset-aset bersejarah ada yang sudah dimanfaatkan dengan baik, seperti PosBloc di Pasar Baru untuk UMKM, produk lokal, seni dan budaya. Gedung Filateli Pos kini menjadi Pos Bloc di kawasan Pasar Baru.

Menurut Erick, kawasan Kota Tua masih banyak yang bisa dimaksimalkan. Gedung-gedung milik BUMN, seperti Bank Mandiri, Jasindo, Kerta Niaga, atau Cipta Niaga masih belum maksimal penggunaannya, ujarnya saat berkeliling di kawasan yang selesai dibangun pada 1650 itu.

Kementerian BUMN sebelumnya telah merenovasi Gedung Sarinah di Jalan M.H. Thamrin Jakarta. Gedung yang berdiri pada 15 Agustus 1966 tersebut kini menjadi pusat perbelanjaan berstatus cagar budaya, dengan konsep urban forest yang mengutamakan outdoor space di jantung Ibu Kota.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...