Thailand Laporkan 3 Kasus Cacar Monyet, Singapura 13 Kasus

Rizky Alika
4 Agustus 2022, 12:48
cacar monyet, thailand, singapura
ANTARA FOTO/REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/WSJ/cf
Dado Ruvic/Illustration Tabung reaksi berlabel "Positif virus cacar monyet" terlihat dalam ilustrasi yang diambil Minggu (22/5/2022).

Kasus positif cacar monyet di tetangga Indonesia terus bertambah. Penyakit tersebut terus ditemukan di Thailand dan Singapura hingga pertengahan pekan ini.

Thailand telah melaporkan kasus ketiga cacar monyet pada Rabu (3/8). Penyakit tersebut terdeteksi pada pria Jerman berusia 25 tahun yang dirawat karena mengalami demam, pembengkakan kelenjar getah bening, dan ruam.

Mengutip dari Bloomberg, Direktur Jenderal Departemen Pengendalian Penyakit Opas Karnwkawinpong mengatakan pasien tersebut berada di sebuah rumah sakit provinsi Phuket. Adapun, pria itu masuk Thailand pada 18 Juli.

Menyusul hal tersebut, pemerintah berencana mengimpor vaksin cacar monyet. Organisasi Farmasi Pemerintah pun mengimpor vaksin untuk kelompok berisiko tinggi, seperti dokter dan staf medis. Namun, belum ada detail terkait hal tersebut.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mengatakan, vaksin cacar, antivirus, dan vaccinia immune globulin (VIG) dapat digunakan untuk mengobati dan mengendalikan cacar monyet.  Tecovirimat, yang dikenal sebagai TPOXX telah disetujui oleh Asosiasi Medis Eropa untuk cacar monyet pada 2022, tetapi belum tersedia secara luas, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...