Suharso Dilengserkan Sebagai Ketum PPP, Pintu Reshuffle Terbuka?

Ade Rosman
7 September 2022, 15:00
reshuffle, ppp, suharso monoarfa
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/YU
Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa (kiri) menyampaikan pidato disaksikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari (kanan) sebelum menyerahkan berkas pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2024 di gedung KPU, Jakarta, Rabu (10/8/2022).

Presiden Joko Widodo telah resmi melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) pada Rabu (7/9) pukul 13.30 WIB. Azwar menggantikan Tjahjo Kumolo yang wafat pada 1 Juli 2022 lalu.

Usai Azwar, Jokowi juga berpotensi mengisi jabatan lainnya. Apalagi sebelumnya Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan akan segera mengisi posisi Wakil Menteri Luar Negeri.

Meski demikian, belum diketahui siapa pengganti Mahendra Siregar yang menjadi Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK). "Yang pasti ada dua yang lowong," kata Ma'ruf pada 20 Agustus 2022 lalu.

Pergantian tersebut terjadi di tengah kisruh internal Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Suharso Monoarfa tidak terima dirinya diberhentikan dari jabatan Ketua Umum dalam Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) PPP di Banten, pada Minggu (4/9) lalu.

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio, memperkirakan kondisi tersebut membuka pintu pergantian posisi Kepala Bappenas.

"Ya, sangat mungkin pak Suharso kena reshuffle, apalagi bila memang penggantian ketua umum itu sudah direstui istana," katanya kepada Katadata.co.id, pada Rabu (7/9).

Ia mengatakan, jika penggantian ketua umum PPP diizinkan oleh istana, ada kemungkinan Suharso akan digantikan berbarengan dengan pengisian posisi pembantu presiden yang masih kosong.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani mengatakan, Suharso digantikan posisinya karena menjabat sebagai Menteri PPN/Kepala Bappenas. Pergantian ini agar Suharso memaksimalkan kinerjanya membantu presiden sebagai menteri.

Suharso sendiri melawan pemakzulan tersebut. Dalam acara Bimtek DPRD Fraksi PPP se-Indonesia, ia memastikan posisinya sebagai Ketum PPP.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman, Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...