2 Cara Membuat Arang Sekam Padi untuk Media Tanam

Image title
3 Oktober 2022, 18:19
Cara Membuat Arang Sekam Padi
ANTARA FOTO/Moch Asim/aww.
Penjual menata tanaman kaktus di salah satu stan saat pameran tanaman dan satwa eksotis 3 di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (13/4/2022).

Dahulu sekam dianggap sebagai limbah dari aktivitas panen padi. Padahal bahan ini dapat dimanfaatkan sebagai media tanam yang baik, setelah melalui proses dan cara membuat arang sekam padi.

Cara membuat arang sekam padi sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Apalagi sekam adalah bahan berlignoselulosa dengan kandungan silika yang tinggi. 

Di dalam sekam padi terdapat sekitar 50% selulosa, 25 - 30% lignin dan 15 - 20% silika. Bila diolah dengan baik, sekam padi dapat dipakai untuk beberapa keperluan.

Hasil olahan sekam padi bisa berupa produk turunan. Salah satu yang kini mulai menjadi trend di kalangan pecinta tanaman hias yaitu memanfaatkannya sebagai media tanam.

Manfaat Arang Sekam Padi untuk Tanaman

Tanah gembur merupakan sarana yang baik bagi tumbuh dan berkembangnya organisme, tidak terkecuali tanaman hias. Akan tetapi untuk saat ini, memperoleh tanah gembur dengan unsur hara yang tinggi begitu sulit didapatkan. Khususnya di wilayah perkotaan yang padat penduduk.

Pembuatan arang sekam padi menjadi solusi terbaik untuk masalah ini. Sebab, arang sekam membawa unsur hara yang penting dan sangat dibutuhkan oleh tanaman.

Mengutip buku Panduan Teknis: Cara Membuat Arang Sekam Padi, bahan ini mengandung nitrogen, fosfor, kalium, dan magnesium. Kemudian di dalam arang sekam biasanya tidak membawa mikroorganisme patogen. 

Oleh karenanya, tanaman akan tumbuh dengan baik serta pemiliknya tidak perlu khawatir akan serangan organisme lain yang bisa merusak tanaman kesayangannya.

Selain manfaat di atas, berikut ini adalah beberapa manfaat arang sekam padi sebagai media tanam yang perlu diketahui:

1. Kaya Kandungan Karbon

Media tanam dengan campuran bahan yang dihasilkan dari cara membuat arang sekam padi, biasanya memiliki kandungan karbon cukup tinggi. 

Arang sekam padi yang bersifat sebagai absorban mampu menekan kemunculan mikroorganisme patogen, serta menghilangkan zat logam berbahaya. Dalam pembuatan pupuk kompos, bahan tersebut dianggap bisa menangkal penyakit untuk tanaman dan bebas dari zat kimia berbahaya.

2. Tidak Mengandung Garam

Pada cara membuat arang sekam padi, umumnya bahan baku yang digunakan tidak menyertakan garam. Ini artinya, produk yang dihasilkan yang nantinya dipakai sebagai media tanam akan bebas dari kandungan garam. Sehingga bila digunakan tidak merugikan tanaman.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...