Polri Bantah Kabar 8 Kapolda Positif Narkoba sebelum ke Istana

Andi M. Arief
14 Oktober 2022, 18:28
narkoba, polri, kapolda
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo memberikan keterangan pers tentang pemeriksaan tersangka Putri Candrawathi dalam kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat di rumah dinas mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo, di Bareskrim, Mabes Polri, Jakarta, Jumat (26/8/2022).

Kepolisian memastikan kabar delapan Kapolda yang kedapatan positif narkoba sebelum ke Istana Negara merupakan isu yang tidak benar. Sebelumnya, muncul pesan berantai soal hasil tes urine para kapolda sebelum berangkat ke Istana untuk menerima arahan Presiden Joko Widodo.

Kabar ini muncul bersamaan dengan penangkapan Kapolda Jawa Timur Inspektur Jenderal Pol. Teddy Minahasa Putra. Meski demikian, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo mengatakan kabar kapolda lain kedapatan narkoba tak benar.

"Info dari mana? Saya sudah tanyakan ke Sekretaris Pimpinan (Spripim) Polri," kata Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Pol. Dedi Prasetyo, Jumat (14/10) dikutip dari Antara. 

Sedangkan pihak istana mengatakan hasil uji kesehatan yang disyaratkan saat rombongan pejabat tinggi dan menengah kepolisian adalah tes PCR Covid-19. Mereka tidak mensyaratkan uji urin dalam kunjungan kali ini. 

Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono mengatakan semua pejabat Kepolisian yang datang ke Istana Negara hari ini menunjukkan hasil tes Covid-19 yang negatif. 

"Tes yang dilakukan jajaran Polri sendiri, Istana Negara tidak ada kewenangannya. Jadi, info 8 orang pejabat kepolisian tersebut, bisa dilakukan klarifikasi ke pihak Kepolisian," kata Heru di Istana Merdeka, Jumat (14/10).

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...