Memahami Cara Menghitung Mikrometer Sekrup

Destiara Anggita Putri
28 Oktober 2022, 15:44
Cara Menghitung Mikrometer Sekrup
Unsplash
Ilustrasi, seorang anak mengerjakan soal matematika.

Diantara  banyaknya alat ukur yang  ada,  mikrometer sekrup termasuk yang sering digunakan untuk mengukur benda berukuran sangat tipis.  

Hal ini diikarenakakan mikrometer sekrup memiliki tingkat ketelitian hingga mencapai 0,01 mm sehingga sering digunakan untuk  mengukur ketebalan dan diameter sebuah benda. Tidak hanya itu, alat ini juga sering digunakan oleh orang-orang yang bekerja di bidang mekanik untuk membantu prose produksi alat kerja, bangunan, hingga otomotif. 

Untuk bisa menggunakan alat ini, Anda perlu mengetahui cara menghitung mikrometer sekrup dengan benar. Lantas, bagaimana caranya?  Simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Mikrometer Sekrup

Dilansir dari Encyclopedia Britannia, miromter sekrup merupakan instrumen untuk melakukan pengukuran linier dari suatu dimensi seperti diameter, ketebalan, dan panjang suatu benda.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, mikrometer merupakan alat  untuk mengukur jarak yang amat amat kecil  yang digunakan bersama  dengan teleskop atau mikroskop.

Dilihat dari pengertiandua pengertian ini,  bisa dikatakan mikrometer sekrup adalah  salah satu jenis mikrometer yang bisa dimanfaatkan untuk mengukur benda dengan dimensi kecil.

Fungsi Mikrometer Sekrup

Secara umum,  mikrometer sekrup memiliki empat fungsi yang bisa Anda simak di bawah ini.

  • Berfungsi untuk mengukur ketebalan suatu benda kerja yang sangat tipis seperti lempeng baja, aluminium, dan kertas.
  • Berfungsi untuk mengukur diameter luar suatu benda  yang kecil seperti kawat,kabel, dan lainnya.
  • Berfungsi untuk mengukur garis tengah lubang benda yang berukuran kecil.
  • Berfungsi  untuk mengukur diameter dalam bentuk benda dengan menggunakan rahang tetap dan rahang geser atas. 
  • Berfungsi untuk mengukur kedalaman kedalamann suatu ubnag yang kecil, contohnya lubang pipa.  

Jenis Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup memiliki berbagai jenis yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan.  Berikut ini penjelasan jenis mikrometer sekrup yang bisa dijadikan referensi.

1. Jenis Mikrometer Sekrup Berdasarkan Skala

  • Mikrometer Sekrup Manual

Mikrometer jenis ini cukup sering digunakan dan memiliki harga yang lebih terjangkau dari jenis lainnya. Ada dua skala pada mikrometer ini yaitu skala utama dan nonius. Penggunaannya sendiri masih dilakukan secara manual dari petunjuk pengukuran yang ditulis pada alat.

  • Mikrometer Sekrup Digital

Berbeda dengan versi manual, dengan menggunakan alat ini, Anda bisa melihat langsung hasil pengukuran di layar tanpa harus menghitungnya secara manual.  Dengan demikian, Anda bisa meminimalisir risiko salah baca atau hitung.

2. Jenis Mikrometer Sekrup Berdasarkan Fungsi 

  • Mikrometer Sekrup Luar

Mikrometer ini bisa digunakan untuk mengukur diameter luar suatu benda kerja seperti kawat, lapisan benda, atau blok-blok benda.

  • Mikrometer Sekrup Dalam 

Mikrometer ini biasanya digunakan untuk mengukur diameter suatu lubang benda seperti diameter dalam suatu pipa. 

  • Mikrometer Sekrup Kedalaman

Mikrometer ini sering digunakan untuk mengukur kedalaman dan ketinggian suatu benda. Lantas apa bedanya dengan  mikrometer sekrup dalam? 

Perbedaannya adalah mikrometer jenis ini dapat digunakan mengukur kedalaman suatu lubanga sementara mikromoter dalam hanya bisa digunakan untuk mengukur diameter benda saja. 

Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup

Sebelum belajar cara menghitung dengan mikrometer sekrup, Anda perlu mengetahui cara menggunakannya dengan benar.  Ketika menggunakannya,  Pastikan bahwa Anda telah memperhatikan posisi penempatan benda dengan benar, cara menggeser poros, hingga putaran racher. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...