Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai Siap Sambut Delegasi KTT G20

Nadya Zahira
10 November 2022, 07:38
KTT G20
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa.
Pekerja mengerjakan proyek pembangunan dan revitalisasi Terminal VVIP Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Badung, Bali, Jumat (3/6/2022).

Pembangunan Terminal VVIP Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Bali telah rampung 100%. Pembangunan ini dikerjakan sejak tanggal kontrak 14 Maret 2022. 

Terminal VVIP yang diberi nama Kreta Bhawana Sanggraha ini bagian dari dukungan Kementerian PUPR untuk mempermudah penyambutan tamu-tamu negara pada penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Presiden Joko Widodo pun, telah meresmikan penggunaan terminal VVIP Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai ini pada Rabu (9/11) kemarin. 

"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, dan memohon ridho Allah SWT,  sore hari ini saya resmikan gedung VVIP Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai," ujar Presiden Jokowi yang dikutip dalam keterangan resmi, pada Kamis (10/11). 

Pekerjaan pembangunan terminal VVIP Bandara Ngurah Rai dilaksanakan oleh kontraktor PT Wijaya Karya. Pembangunan di bawah tanggung jawab Balai Prasarana Permukiman Wilayah atau BPPW Bali, Ditjen Cipta Karya, Kementerian PUPR. Adapun anggaran yang dihabiskan untuk pembangunan sebesar Rp 50,9 miliar. 

Pada kesempatan yang sama, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono  mengapresiasi seluruh pihak yang telah mendukung pembangunan terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai. Khususnya pada kontraktor yang bekerja keras sengat gigih untuk mempercepat penyelesaian dalam waktu sejak Maret 2022. 

"Secara keseluruhan sudah Oke, terima kasih. Hanya sedikit tambahan-tambahan pada furniture," ujar Basuki.

Bangunan terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai memiliki luas 1.713 meter persegi di atas lahan milik PT Angkasa Pura I. Bangunan gedung didesain dengan memadukan arsitektur kolonial dan ornamen kearifan lokal Bali. 

Reporter: Nadya Zahira

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...