Jokowi Resmi Lantik Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI

Ameidyo Daud Nasution
19 Desember 2022, 11:57
yudo margono, panglima, tni
Sekretariat Presiden
Panglima TNI Yudo Margono saat pembacaan sumpah di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/12). Foto: youtube Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo resmi melantik Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia. Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/12).

Acara pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan dan pembacaan sumpah. Setelah itu, prosesi ditutup dengan penandatanganan berita acara, penyerahan tongkat komando, serta ucapan selamat dari Presiden dan para pejabat lainnya.

"Bahwa saya, akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," kata Yudo mengikuti sumpah yang dibacakan Jokowi.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Panglima TNI periode 2021-2022 Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, hingga Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri.

Yudo sebelumnya telah menjalani uji kepatutan dan kelayakan di Komisi Pertahanan Dewan Perwakilan Rakyat dan ditetapkan dalam sidang paripurna. Ia menjadi calon tunggal yang diajukan oleh Presiden.

Yudo akan memprioritaskan empat program usai dilantik. Pertama, akselerasi SDM menjadi lebih profesional. Kedua, percepatan operasional, serta melaksanakan tugas Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...