Mengintip 6 Kandidat Potensial Calon KSAL Pengganti Yudo Margono

Ira Guslina Sufa
27 Desember 2022, 11:30
KSAL
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (kiri) didampingi Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono (kanan) berbincang dengan Asrena Kasal Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto (kanan) saat 'Exit Briefing' atau pengarahan terakhir dari Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) di Jakarta, Rabu (21/12/2022).

Posisi Kepala Staf Angkatan Laut atau KSAL masih menunggu sosok baru yang akan menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang kini menjabat Panglima TNI. Yudo ditetapkan sebagai Panglima menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang telah pensiun pada 21 Desember 2022 lalu. 

Dalam mengemban jabatan baru, Yudo mengatakan komitmen untuk menegakkan disiplin dan integritas prajurit TNI. Ia pun mengatakan akan menjaga netralitas TNI dalam menyambut pelaksanaan pemilu 2024. Meski begitu, ia berharap posisi KSAL segera terisi agar ia tak lagi rangkap jabatan. 

"Mudah-mudahan KSAL yang baru segera ditetapkan dan dilantik karena begitu saya menjabat rangkap ini, tidak mudah. Dari Kotama TNI AL laporan, Kotama TNI laporan semua, terus gimana ini? 'hape'-nya pecah ini menerima laporan banyak sekali," kata Yudo dalam sambutannya pada Exit Briefing Kasal dengan ratusan personel TNI AL di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu pekan lalu. 

Menurut Yudo, KSAL mengemban amanat dan tanggung jawab yang luas mengawal perairan Indonesia. Karena itu, posisi KSAL harus menjadi penting dan butuh orang yang fokus. Ia mengatakan saat ini proses penentuan KSAL sudah di tangan presiden. 

"Bapak Presiden sudah bicara bahwa calon KSAL itu Pati bintang tiga, bukan bintang satu atau bintang dua," kata Yudo.

Mengenai calon pengganti KSAL ini Kepala Center for Intermestic and Diplomatic Engagement (CIDE) Anton Aliabbas menilai ada enam perwira bintang tiga yang berpotensi calon Kasal pengganti Yudo.

Menurut Anton, bila pertimbangannya pernah bekerja di lingkungan Istana, maka ada dua nama yang potensial. Mereka adalah Irjen TNI Letnan Jenderal (Mar) Bambang Suswantono dan Komandan Kodiklatal Letnan Jenderal (Mar) Suhartono.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...