Koalisi Besar Pemilu 2024, Golkar Tak 'Ngotot' Posisi Wakil Presiden

Andi M. Arief
10 April 2023, 22:41
Pemilu
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) didampingi Sekjen Lodewijk Freidrich (kanan) bergegas usai memberikan keterangan pers tentang bimbingan teknis (Bimtek) pengurus Partai Golkar untuk Pilkada serentak 2020 di Jakarta, Sabtu (25/7/2020).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus mengatakan Koalisi Besar belum membahas Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden yang akan diusung dalam Pemilu 2024. Menurutnya, Partai Golkar belum mengerucutkan diskusi ke arah pemilihan Capres dan Cawapres.

Menurut Lodewijk, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto tidak mewajibkan dirinya harus menjadi Cawapres yang diusung Koalisi Besar.

"Pak Airlangga sudah sampaikan bahwa pemilihan Capres dan Cawapres yang diusung itu sangat dinamis. Kita tunggu saja," kata Lodewijk di Kantor DPP Partai Golkar, Senin (10/4).

Lodewijk mengatakan tidak ada hambatan dalam pembahasan bentuk Koalisi Besar, termasuk pembahasan Capres dan Cawapres. Menurutnya, hal tersebut dibuktikan dengan komunikasi politik yang lancar dengan pertemuan para ketua umum partai politik.

"Itu pertemuan para dewa-dewa, kami para Sekretaris jenderal enggak ke dalam diskusi ya," ujarnya.

Di sisi lain, Lodewijk menilai rentang waktu pembentukan koalisi hingga pemilihan Capres dan Cawapres Koalisi Besar masih sesuai dengan jadwal. Menurutnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengatur jadwal, alhasil partai politik hanya perlu mengatur waktu yang disediakan.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...