Jalin Komunikasi, Golkar Ajak PDIP Gabung Koalisi Besar

Andi M. Arief
10 April 2023, 18:44
golkar, pdip, koalisi
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/tom.
Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto menyampaikan pidato pada Zikir AKbar "Golkar Bershalawat" di Dinning Hall Wisma Atlet, Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (18/2/2023).

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto telah berkomunikasi dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP untuk bergabung dengan Koalisi Besar. Namun Airlangga belum memastikan apakah PDIP telah masuk dalam koalisi gemuk tersebut atau belum.

"Sudah ada tanggapan dari Pak Sekjen PDIP, Pak Hasto. Kalau mau masuk kan harus bicara dulu," kata Airlangga di Kantor DPP Partai Golkar, Senin (10/4).

Airlangga kembali menegaskan Koalisi Besar membuka diri terhadap semua partai politik yang ingin memperkuat koalisi. Sejauh ini, semua partai politik yang tergabung dalam Koalisi Besar masih melakukan konsolidasi untuk menemukan bentuk koalisi.

Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus belum dapat memastikan adanya pertemuan antara Airlangga dengan Hasto. Namun Lodewijk memastikan belum ada hubungan politik resmi antara Golkar dan PDIP.

Seperti diketahui, Koalisi Besar merupakan gabungan dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Partai Golkar merupakan anggota dari KIB, sementara Partai Gerindra tergabung dalam KKIR.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...