Varian Arcturus Sudah Masuk, Kasus Covid-19 Akan Meledak Usai Lebaran?

Ameidyo Daud Nasution
18 April 2023, 17:17
arcturus, covid-19, lebaran
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc.
Sejumlah relawan mengikuti acara pelepasan relawan COVID-19 di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Jumat (31/3/2023).

Kasus Covid-19 di Indonesia tengah meningkat lagi jelang perayaan Lebaran. Kenaikan jumlah pasien bersamaan dengan munculnya subvarian Omicron XBB.1.16 atau disebut Arcturus.

Hal ini menimbulkan potensi penularan mengingat lebih dari satu juta orang tengah mudik. Epidemiolog Griffith University Dicky Budiman mengatakan kenaikan hanya menunggu waktu saja.

"Dampaknya ke kelompok rawan bisa dilihat dalam 2 atau 3 minggu ke depan," kata Dicky kepada Katadata.co.id, Selasa (18/4).

Dicky mengatakan subvarian baru ini relatif lebih menular dari yang telah ada sebelumnya. Bukan tanpa sebab, mutasi Covid-19 makin membuat virus tersebut adaptif untuk menembus antibodi manusia.

Meski demikian, keparahan dari penyakit ini semakin lama makin lemah. Hal tersebut karena imunitas di tengah-tengah masyarakat relatif telah terbentuk.

"Secara umum, mayoritas masyarakat sudah punya modal yang baik selama setahun ke depan," katanya.

Namun, Dicky mengingatkan masih ada kelompok masyarakat yang dianggap rawan serangan virus ini. Beberapa di antaranya adalah lansia, mereka dengan penyakit komorbid, hingga anak balita.

Oleh sebab itu, ia berharap dalam Lebaran ini masyarakat bisa meningkatkan disiplin protokol kesehatan. Pemerintah juga perlu menggenjot lagi vaksinasi booster dan booster kedua.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...