Polisi Tutup Simpang Susun Tol Cikopo, Terapkan One Way Penuh

Andi M. Arief
19 April 2023, 12:54
Polisi mengalihkan kendaraan bermotor dari arah Cirebon ke Jakarta untuk keluar melalui Gerbang Tol Subang saat sterilisasi ruas Tol Cipali dalam rangka penerapan kebijakan satu arah di Subang, Jawa Barat, Selasa (18/4/2023). Korlantas Polri merekayasa la
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom..
Polisi mengalihkan kendaraan bermotor dari arah Cirebon ke Jakarta untuk keluar melalui Gerbang Tol Subang saat sterilisasi ruas Tol Cipali dalam rangka penerapan kebijakan satu arah di Subang, Jawa Barat, Selasa (18/4/2023). Korlantas Polri merekayasa lalu lintas satu arah di ruas Tol Cipali hingga Kalikangkung pada Selasa (18/4) pukul 14.00-24.00 WIB dan Rabu (19/4)-Jumat (21/4) pukul 08.00-24.00 WIB untuk mengurangi potensi kemacetan kendaraan bermotor saat arus mudik Lebaran.

Polisi menerapkan sistem satu arah atau one way penuh dari Gerbang  Tol Cikatama Km 70 sampai Km 414.  Oleh karena itu, simpang susun Cikopo telah ditutup sejak pukul 10.36 WIB.

Rekayasa lalu lintas tersebut diterapkan untuk mengatasi lonjakan pemudik yang tinggi dari Jakarta ke timur. Kakorlantas Polri Irjen Firman Santyabudi mengatakan, kendaraan dari arah arteri yang mau masuk ke ruas jalan tol dialihkan melalui jalan kota bukit indah

"Selanjutnya masuk ke ruas jalan tol Japek ke arah Jakarta melalui gerbang tol kalihurip 2 Km 67 tol japek," ujar Firman dalam keterangan resmi, Rabu (19/4).

Contra Flow di Tol Cikampek

PT Jasa Marga Tbk juga telah melakukan rekayasa contra-flow pukul 09.35 WIB di Tol Jakarta-Cikampek KM 36 - KM 68 arah Cikampek. Perseroan memantau hal tersebut dilakukan lantaran volume kendaraan mulai meningkat.

PT Jasamarga Transjawa Tol selaku operator Tol Jakarta-Cikampek telah mengoperasikan 28 gardu tol di Gerbang Tol Cikampek Utama dari kondisi normal sebanyak 13 unit.

"PT JTT juga melakukan penyiagaan tambahan 17 unit mobile reader untuk meningkatkan kapasitas transaksi," tulis VP Corporate Secretary and Legal JTT Ria Marlinda Paalli dalam keterangan resmi, Rabu (19/4).

Ria mengimbau pengguna jalan menuju Bandung untuk tidak menggunakan lajur contra flow. Pasalnya, lajur tersebut disiapkan untuk pemudik yang menuju Jawa Tengah dan seterusnya.

Di samping itu, Ria menyarankan agar pemudik mengisi bahan bakar yang cukup dan membawa bekal. Hal tersebut dinilai penting untuk menghindari kepadatan di tempat istirahat dan pelayanan atau rest area.

Sebelumnya, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Sandi Nugroho mengatakan masyarakat perlu selalu memperbaharui informasi penerapan rekayasa lalu lintas agar bisa merancang keberangkatan dengan baik.

“Dengan begitu, tidak ada lagi kepadatan kendaraan karena informasi yang tidak tersampaikan kepada masyarakat,” katanya dalam keterangan resmi, Sabtu (15/4).

Untuk mudik tahun ini, TNI dan Polri menyiapkan 148.261 personel untuk mengawasi dan mengamankan perjalanan masyarakat. Polri memprediksi jumlah pemudik tahun ini meningkat hingga 45% dibandingkan dengan tahun lalu.

Pemilihan moda transportasi didominasi transportasi darat dengan 27,32 juta orang berencana mudik dengan mobil pribadi dan 25,13 juta orang mudik dengan sepeda motor. Di sisi lain, bus menjadi pilihan transportasi umum utama untuk mudik dengan 22,77 juta orang.

Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...