Ribuan Buruh Gelar Aksi di Istana Negara dan Istora Senayan Hari Ini

Tia Dwitiani Komalasari
1 Mei 2023, 08:21
Ribuan buruh mengikuti aksi May Day Fiesta 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (14/5/2022). Partai Buruh bersama Gerakan Buruh Indonesia memperingati Hari Buruh Internasional dengan menggelar aksi May Day Fiesta dengan membawa 18 tuntu
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.
Ribuan buruh mengikuti aksi May Day Fiesta 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (14/5/2022). Partai Buruh bersama Gerakan Buruh Indonesia memperingati Hari Buruh Internasional dengan menggelar aksi May Day Fiesta dengan membawa 18 tuntutan diantaranya menolak Omnibus law UU Cipta Kerja, penurunan harga bahan pokok dan BBM, dan penolakan upah murah.

Ribuan buruh akan memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day di depan Istana Negara dan Gedung Mahkamah Konstitusi pada hari Senin (1/5).  Buruh kemudian akan mengikuti May Day Fiesta di Istora Senayan setelah melakukan aksi di Istana dan MK.

Tak hanya di Jakarta, peringatan May Day itu juga akan dilakukan serentak di berbagai kota di seluruh Indonesia. Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, mengatakan sebanyak 50 ribu buruh akan mengikuti aksi tersebut.

"Ada enam tuntutan yang akan disampaikan dalam aksi ini," kata Said Iqbal dalam siaran pers, Senin (1/5).

Adapun enam tuntutan tersebut adalah:

  1. Cabut Omnibus Law UU No 6 Tahun 2023 tentang Cipta Kerja
  2. Cabut Parliamentary Threshold 4 % dan Presidential Threshold 20%
  3. Reforma Agraria dan Kedaulatan Pangan (Anti Impor)
  4. Sahkan RUU PPRT dan hapus outSoucing tolak upah murah
  5. Tolak RUU Kesehatan
  6. Pilih Capres 2024 yang Pro Buruh dan Kelas Pekerja.

Polri Siapkan Personel dan Rekayasa Lalu Lintas

Polri berkonsentrasi mengamankan pelaksanaan May Day atau Hari Buruh 1 Mei di sejumlah wilayah di Indonesia, utamanya di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Hal itu dilakukan dengan mengerahkan lebih dari 12 ribu personel untuk mengawal dan mengamankan kelancaran serta ketertiban masyarakat.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Sandi Nugroho mengatakan pimpinan Polri telah memberikan pengarahan kepada seluruh jajaran polisi di wilayah untuk mempersiapkan rencana pengamanan dan rencana kontijensi. 

“Ada empat wilayah yang menjadi konsentrasi pengamanan dalam peringatan May Day, yakni wilayah hukum Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah dan Polda Jawa Timur,” ujar Sandi, dikutip dari Antara, Minggu (1/5).

Untuk personel, Sandi merincikan, di wilayah hukum Polda Metro Jaya mengerahkan 4.216 personel gabungan, yang terdiri atas 3.318 personel Polri, 690 personel TNI dan 208 personel Pemprov DKI Jakarta.

Sementara itu, wilayah Polda Jawa Barat, sebanyak 1.019 personel gabungan yang dikerahkan untuk mengamankan aksi buruh di beberapa wilayah.Wilayah Polda Jawa Tengah juga menurunkan sebanyak 4.319 personel gabungan dan Polda Jawa Timur ada 3.360 personel gabungan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...