Langkah Kuda Wiranto, Antar 100 Caleg ke PPP tapi Condong ke Gerindra

Ira Guslina Sufa
2 Mei 2023, 07:00
Wiranto
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/pras.
Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono (kiri) mengalungkan serban kepada Jenderal TNI (Purn) Wiranto (kanan) saat tiba untuk menghadiri acara silaturahim dan halalbihalal di Kantor DPP PPP, Jakarta, Senin (1/5/2023).

Mantan Ketua Umum Partai Hanura Wiranto mulai menunjukkan sikap dalam menghadapi pemilihan umum dan pemilihan presiden 2024 mendatang. Mundur dari Partai Hanura ia kini secara tidak langsung merapat ke beberapa partai politik. 

Pada Senin (1/5) Ketua Dewan Pertimbangan Presiden itu mengantar mantan politikus Hanura menjadi kader di dua partai berbeda. Mulanya Wiranto berkunjung ke Kantor Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan. Saat datang ia mengenakan batik bernuansa hijau yang menjadi warna khas partai berlambang ka’bah. 

Dalam kunjungannya, Wiranto menyerahkan lebih dari 100 nama eks kader Partai Hanura untuk menjadi kader PPP yang dapat diajukan menjadi bakal calon legislatif pada Pemilu 2024. Menurut Wiranto dirinya sama sekali tidak menggunakan cara militer terkait perpindahan ratusan eks kader Partai Hanura itu. Ia mengklaim perpindahan partai berdasarkan pada pilihan politik masing-masing kader.

"Hari ini ternyata memang banyak (eks kader Partai Hanura) yang memilih PPP sebagai rumah perjuangan yang baru," kata Wiranto di hadapan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono. 

Masuknya 100 kader baru yang pernah berkiprah di Partai Hanura mendapat sambutan hangat dari PPP. Juru Bicara DPP PPP Usman M. Tokan mengatakan gerbong politikus yang dibawa Wiranto akan menjadi tambahan amunisi bagi partainya dalam menghadapi Pemilu 2024. Saat ini nama yang diserahkan sedang dibahas di Lajnah Pemenangan Pemilu (LP2) PPP.

"Untuk ditempatkan di dapil-dapil basis yang mereka bina selama ini," ujar M Tokan. 

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum mengumumkan pendaftaran bakal caleg DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi, serta DPRD kabupaten dan kota untuk Pemilu 2024 berlangsung pada 1-14 Mei 2023. Pendaftaran bakal calon anggota DPR RI oleh parpol dan bakal calon anggota DPD RI dilakukan di Kantor KPU RI di Jakarta; sedangkan pendaftaran bakal calon anggota DPRD provinsi dilakukan di kantor KPU provinsi masing-masing. 

Demikian juga untuk bakal calon anggota DPRD kabupaten dan kota, pendaftarannya digelar di KPU kabupaten dan kota masing-masing. Sedangkan pendaftaran bakal calon anggota DPD RI hanya bisa dilakukan oleh 700 bakal calon yang telah dinyatakan memenuhi syarat minimal dukungan pemilih dan sebaran untuk mengikuti Pemilu 2024.

Pertemuan Prabowo dan Wiranto
Pertemuan Prabowo dan Wiranto (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/pras.)

Gerbong Nasionalis

Tidak hanya ke PPP, pada hari yang sama Wiranto juga berkunjung ke Partai Gerakan Indonesia Raya atau Gerindra. Ia datang mengenakan baju putih sembari mengantar sejumlah mantan politikus Hanura untuk berpindah ke Gerindra. 

Menurut Wiranto para pengikut para pengikut memilih Gerindra dan PPP dengan alasan berbeda. Mereka menilai dari landasan filosofis partai yang dinilai lebih sesuai dengan karakter masing-masing. 

"Ternyata memang yang cenderung nasionalis memilih Gerindra. Teman-teman yang lebih banyak bernafaskan agamis, Islam, saya serahkan untuk bisa berkiprah di PPP, ujar Wiranto. 

Ia mengaku ingin kader-kader terbaik eks Partai Hanura tidak menghentikan kiprahnya setelah Wiranto lepas dari partai politik itu. Mantan Panglima TNI itu beralasan Partai Gerindra dipilih karena yakin akan komitmen nasionalisme yang dipegang partai berlambang burung garuda itu. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...