PDIP Isyaratkan Ada Partai Susul PPP dan Hanura Dukung Ganjar Capres

Ade Rosman
28 April 2023, 13:17
Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto (kanan) dan Ketua DPP PDIP bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saiful Hidayat (kiri) memberi sambutan saat kegiatan Pendidikan Kaderisasi Perempuan di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakar
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/tom.
Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto (kanan) dan Ketua DPP PDIP bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saiful Hidayat (kiri) memberi sambutan saat kegiatan Pendidikan Kaderisasi Perempuan di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (23/2/2023). DPP PDI Perjuangan menggelar pendidikan kaderisasi perempuan tingkat nasional yang diikuti 100 peserta secara langsung dan 2.603 peserta melalui daring dari seluruh Indonesia guna mendorong pergerakan secara masif kader perempuan.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengungkapkan, akan ada partai politik lainnya yang menyatakan dukungannya terhadap Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden. Deklarasi dukungan akan menambah modal bagi Ganjar bertarung dalam pemilihan presiden 2024 mendatang. 

“Setelah tanggal 14 Mei, nanti akan ada partai politik lain yang akan bergabung,” kata Hasto dalam konferensi pers di kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Kamis (27/4).

Hasto beralasan, partai politik akan terlebih dahulu fokus pada pendaftaran calon legislatif DPR dan DPRD yang dibuka pada 11 hingga 14 Mei 2023. Dengan begitu dukungan parpol lain terhadap bacapres yang diusung PDIP akan disampaikan setelahnya.

Hasto mengatakan PDIP tetap akan berkomunikasi dengan partai politik lain secara intens. Komunikasi akan lebih ditingkatkan sejak awal Mei.

Adapun, hingga kini, selain PDIP terdapat tiga partai politik lainnya yang secara terbuka menyatakan dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah tersebut untuk dicalonkan sebagai calon presiden 2024. Partai-partai tersebut yaitu Partai Solidaritas Indonesia, Partai Hanura, dan yang teranyar Partai Persatuan Pembangunan.

Dukungan dari PPP bisa dibilang yang paling menyorot perhatian, lantaran Pelaksana Tugas Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono mengungkapkan keputusan tersebut didapatkan berdasarkan hasil rapat pimpinan nasional (Rapimnas) V yang dilaksanakan di Yogyakarta. Padahal PPP merupakan bagian dari Koalisi Indonesia Bersatu bersama Golkar dan Partai Amanat Nasional. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...