Boyong Kader ke Partai Baru, Hanura Endus Siasat Wiranto Jelang Pemilu

Ade Rosman
3 Mei 2023, 06:35
Hanura
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/pras.
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (keempat kiri) berjabat tangan dengan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia Wiranto (ketiga kiri) di Padepokan Garuda Yaksa Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (1/5/2023)

Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Hanura, Benny Rhamdani mengatakan, penyerahan kader partainya pada Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Gerindra oleh mantan Ketua Umumnya, Wiranto hanya sekadar cari panggung jelang kontestasi pemilu 2024. Padahal menurut Benny tidak ada kader Partai Hanura yang lompat ke partai lain.

"Yang dilakukan Wiranto motif cari panggung (politik) jelang Pemilu, dan hiburan di hari tua. Ini lelucon pemilu, 'cara ketawa' ala Wiranto," kata Benny, dalam keterangan resmi, Selasa (2/5).

Menurut Benny simbol politik Wiranto mengantarkan mantan pengikutnya ke Partai Gerindra dan PPP hanyalah klaim sepihak.  Aksi itu bahkan disebut pepesan kosong lantaran Benny Hanura tidak mengetahui siapa yang disodorkan oleh Ketua Dewan Pertimbangan Presiden tersebut.

Di sisi lain, Benny juga mengatakan, apa yang dilakukan Wiranto tersebut tidak berpengaruh terhadap Partai Hanura. Ia mengklain Hanura telah solid jelang menghadapi pemilu 2024.

Benny menilai, penyerahan kader yang dilakukan Wiranto tersebut bertujuan untuk menggangu dan merusak soliditas Partai Hanura. Ia menyebut kalau pun ada nama yang diserahkan Wiranto bukanlah merupakan kader aktif Hanura. 

Lebih jauh Benny menilai terdapat hal yang tidak pas dalam cara Wiranto mengantar pengikutnya menjadi caleg. Menurut dia bila benar ada kader yang kayak untuk jadi calon anggota legislatif seharusnya dilamar langsung oleh partai. 

"Bukan dia yang mendatangi partai-partai dan menyerahkan anak buahnya," kata Benny.

Sebelumnya, Wiranto melakukan kunjungan ke kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (1/5).

Wiranto tiba sekitar pukul 17.30 WIB bersama kader binaannya. Kedatangannya disambut langsung oleh Prabowo beserta petinggi Partai Gerindra lainnya.

Pada hari yang sama, Wiranto juga menyerahkan mantan kader Partai Hanura kepada PPP. Pada kesempatan tersebut, Wiranto mengatakan menyerahkan 100 orang lebih mantan kader Partai Hanura, namun diwakili oleh 40 orang. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...