BMKG Prediksi Hujan Lebat hingga Gelombang Tinggi Hari (18/5)

Image title
18 Mei 2023, 08:32
BMKG peringatkan gelombang tinggi, hujan lebat dan sedang disertai petir, kilat dan angin kencang.
ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/tom.
BMKG peringatkan gelombang tinggi, hujan lebat dan sedang disertai petir, kilat dan angin kencang.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi di sejumlah provinsi hari ini (18/5).

BMKG memprediksi hujan lebat disertai kilat, petir dan angin kencang berpotensi melanda Aceh, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Sementara itu, wilayah yang berpotensi hujan sedang disertai kilat, petir, dan angin kencang adalah Sumatera Utara, Riau, DKI Jakarta, dan Kalimantan Barat. Adapun definisi hujan lebat adalah hujan dengan intensitas 50-100mm/hari, dan hujan sedang adalah hujan dengan intensitas 20-50 mm/hari.

BMKG juga memprediksi wilayah yang berpotensi diterpa angin kencang pada hari ini (18/5) dan gelombang tinggi. Wilayah yang berpotensi diterpa angin kencang meliputi Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Adapun gelombang dengan ketinggian 2,50-4 meter yang dikategorikan gelombang tinggi akan melanda perairan barat Kepulauan Mentawai, perairan Bengkulu, perairan barat Lampung, Samudra Hindia dari Kepulauan Nias hingga Bengkulu, perairan Selat Sunda, perairan selatan Pulau Jawa-Bali-NTB, Samudra Pasifik di utara Papua.

BMKG memperingatkan gelombang tinggi tersebut akan berisiko terhadap nelayan dan masyarakat yang tinggal di sekitar pesisir.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...