Materi TKD dan Core Values Akhlak BUMN dalam RBB BUMN 2023

Annisa Fianni Sisma
12 Juni 2023, 14:04
TKD dan Core Values Akhlak BUMN dalam Rekrutmen Bersama BUMN 2023
Instagram Kementerian BUMN
Ilustrasi, pengumuman tes online tahap 1 Rekrutmen Bersama BUMN 2023.

Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Core Values AKHLAK BUMN menjadi salah satu tahapan tes online dalam Rekrutmen Bersama BUMN 2023. Oleh sebab itu, menarik membahas apa itu TKD dan Core Values atau nilai Akhlak BUMN selengkapnya.

Rekrutmen Bersama BUMN 2023 dibuka pada Mei 2023 dengan berbagai macam tahapan. Tes Online Tahap 1 dan 2 untuk jenjang pendidikan D3, D4, S1, dan S2 yakni TKD dan Core Values Akhlak BUMN. Sementara itu, jenjang pendidikan SMA Sederajat berupa TKD.

Pada tahap 2, peserta jenjang D3, D4, S1 dan S2 wajib akan melaksanakan tes Bahasa Inggris. Sementara jenjang SMA Sederajat yakni dengan Tes Core Values AKHLAK. Atas pentingnya tes tersebut, menarik memahami apa itu TKD dan Core Values AKHLAK BUMN.

TKD dan Core Values AKHLAK BUMN dalam Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Tips Lolos Rekrutmen Bersama BUMN 2023
Tips Lolos Rekrutmen Bersama BUMN 2023 (Kementerian BUMN)

TKD dan Core Values AKHLAK BUMN yang muncul dalam Tes Online Tahap 1 ini memuat materi dan nilai yang diperlukan sebagai pegawai BUMN. Berikut ini penjelasan masing-masing tes tersebut:

1. Tes Kemampuan Dasar (TKD) BUMN

Sebelum membahas mengenai Core Values AKHLAK BUMN, perlu juga membahas soal TKD BUMN. TKD BUMN merupakan indikator utama untuk menyeleksi para peserta Rekrutmen Bersama BUMN.

TKD dibagi menjadi tiga kategori yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Berikut ini penjelasan mengenai TKD BUMN dalam Rekrutmen Bersama BUMN 2023:

  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

TWK merupakan TKD yang digunakan untuk mengukur wawasan kebangsaan peserta. Selain itu, tes ini juga mengukur pemahaman nilai-nilai kebangsaan Indonesia.

TWK pada umumnya memuat perihal Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Sistem Pemerintahan, Sistem Tata Negara. Selain itu, ada pula Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia, Proklamasi, Hubungan Intenasional, Bahasa Indonesia, dan lain sebagainya.

  • Tes Intelegensi Umum (TIU)

TIU adalah TKD yang memuat kompetensi pelamar di bidang verbal, logika, analisis dan numerik. TIU meliputi kemampuan verbal yakni penyampaian informasi lisan dan tulisan, kemampuan numerik yakni penghitungan, kemampuan berpikir logis yakni penalaran runtut dan sistematis, kemampuan berpikir analitis yakni memecahkan masalah dengan sistematis.

  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Berikutnya, ada pula TKP yang merupakan TKD untuk untuk menyaring peserta. TKP terdiri dari integritas, semangat berprestasi, kreativitas, pelayanan, orientasi untuk orang lain, mampu beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, bekerja mandiri dan tuntas, mampu dan mau belajar, bekerja sama, menggerakan dan mengkoordinasi orang lain.

Rekrutmen BUMN 2023
Rekrutmen BUMN 2023 (Kementerian BUMN)

2. Core Values AKHLAK BUMN

Melansir dari akun Instagram resmi @fhci.bumn dan @kementerianbumn, Core Values AKHLAK BUMN adalah kepanjangan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Tes Core Values AKHLAK BUMN merupakan rangkaian tes yang menentukan kelulusan peserta rekrutmen.

Peserta diharapkan memiliki nilai-nilai yang sesuai dengan AKHLAK tersebut. Berikut ini penjelasan masing-masing nilai dalam AKHLAK BUMN.

  • Amanah

Amanah yang merupakan AKHLAK BUMN adalah sikap memegang teguh kepercayaan yang telah diberikan kepada seseorang. Amanah juga dikenal sebagai sesuatu yang dipercayakan atau dititipkan kepada orang lain. Amanah juga berarti dapat dipercaya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...