Kemenperin Akan Beri Insentif Pengusaha Bauksit yang Disetop Ekspornya

Nadya Zahira
13 Juni 2023, 09:18
Foto ilustrasi ekstraksi bauksit dengan metode terbuka di tambang perusahaan penambangan dan pengolahan.
123RF
Foto ilustrasi ekstraksi bauksit dengan metode terbuka di tambang perusahaan penambangan dan pengolahan.

Kementerian Perindustrian berencana memberikan insentif untuk pengusaha bauksit guna membantu pembangunan smelter bauksit di Indonesia. Insentif diberikan agar pembangunan smelter tetap berlangsung meskipun ekspor bahan mineral tersebut akan dihentikan.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan saat ini progres pembangunan smelter bauksit tidak berjalan dengan baik. Masih banyak proyek yang saat ini belum dibangun.

Kondisi itu menjadi tantangan tersendiri bagi Kemenperin untuk bisa menyelesaikan permasalahan tersebut. Pasalnya, perusahaan bauksit yang sedang membangun smelter tetap membutuhkan biaya.

"Tantangannya bagaimana perusahaan itu harus ada economic of scale-nya. Jadi itu harus dibantu oleh pemerintah," ujar Agus, saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, (12/6).

Agus belum bisa memastikan bentuk insentif yang akan diberikan kepada pengusaha bauksit tersebut. Namun, kemungkinan insentifnya akan berupa kepastian pasar pembeli, karena pemerintah sudah memberikan insentif untuk mendorong investasi di sektor hulu.

"Mungkin kepastian terhadap market itu harus diperhatikan oleh pemerintah," kata Agus.

Selain itu, Kemenperin berupaya agar perusahaan-perusahaan lain mau melakukan investasi, termasuk di industri aluminium. Hal tersebut penting karena ekonomi di Indonesia juga didorong besar dari manufaktur.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...