Jokowi Kesal Daerah Masih Doyan Hamburkan Uang untuk Rapat dan Dinas

Nadya Zahira
14 Juni 2023, 12:08
jokowi, anggaran, daerah, bpkp
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Presiden Joko Widodo memberikan arahan saat pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern (Rakornas Wasin) 2023 di Jakarta, Rabu (14/6/2023).

Presiden Joko Widodo jengkel melihat masih banyak instansi terutama di daerah yang tidak optimal dalam menggunakan anggaran. Ini karena Jokowi masih menemukan anggaran dipakai untuk hal yang tidak konkret.

Jokowi menemukan banyak daerah lebih besar membelanjakan anggaran untuk perjalanan dinas hingga honor pegawai. Menurut Presiden, hal ini bisa menghambat program-program pemerintah.

"Cara penganggarannya masih banyak yang tidak benar," kata Jokowi dalam acara Rakornas Wasin 2023 BPKP, di Jakarta, Rabu (14/6).  

Jokowi mencontohkan, ada daerah yang menganggarkan dana Rp 10 miliar untuk mengatasi stunting.  Namun yang digunakan untuk membeli kebutuhan untuk program stunsing tidak mencapai Rp 2 miliar.

Jokowi menyebutkan rincian dari anggaran stunting Rp 10 miliar tersebut. Dana untuk perjalanan dinas mencapai Rp 3 miliar, lalu untuk kepentingan rapat-rapat Rp 3 miliar, serta untuk kebutuhan pengembangan sebesar Rp 2 miliar. 

“Yang buat beli telur itu enggak benar-benar Rp 2 miliar. Kapan stuntingnya akan selesai kalau begini?,” ujar Jokowi.

Jokowi juga menemukan adanya dana pengembangan Usaha Mikro dan Kecil Menengah di suatu daerah yang tidak tepat sasaran. Ia menjelaskan, ada daerah menganggarkan dana UMKM Rp 2,5 miliar, namun sebesar Rp 1,9 miliar dipakai untuk honor dan perjalanan.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...