Pemilu Proporsional Terbuka, PDIP Tak Banyak Ubah Strategi Pileg 2024

Andi M. Arief
15 Juni 2023, 19:03
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menunjukan berkas pengajuan bakal calon anggota DPR di Gedung KPU, Jakarta, Kamis (11/5/2023).
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/YU
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menunjukan berkas pengajuan bakal calon anggota DPR di Gedung KPU, Jakarta, Kamis (11/5/2023).

PDIP tidak melakukan banyak penyesuaian setelah Mahkamah Konstitusi atau MK menolak gugatan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Dengan penolakan gugatan itu, sistem Pemilu proporsional terbuka tetap berlaku.

PDIP merupakan satu-satunya partai yang mendukung berlakunya sistem Pemilu proporsional tertutup. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan keputusan tersebut memberikan kepastian sistem. Dengan putusan ini, PDIP akan menyiapkan langkah-langkah strategis dalam memenangkan Pemilu 2024.

"Partai akan mengambil langkah-langkah strategis di mana Pemilu yang prakteknya sangat liberal dan kapitalistik, kerja sama antar partai politik akan dikedepankan," kata Hasto dalam konferensi pers virtual, Kamis (15/6).

Hasto menyatakan PDIP tidak banyak membuat perubahan dalam strategi pemenangan Pemilihan Legislatif 2024. Alasannya, pendaftaran calon legislatif untuk Pemilu 2024 dilakukan dengan asumsi Pemilu 2024 bersistem proporsional terbuka.

Hasto menyampaikan strategi utama yang akan digunakan caleg dari PDIP adalah gotong-royong antar caleg dari PDIP. Hal tersebut akan meningkatkan kualitas caleg di masing-masing daerah.

Pada saat yang sama, Hasto telah memprogramkan agar seluruh caleg dari PDIP mengikuti sekolah partai. Menurutnya, sekolah partai penting agar caleg PDIP memiliki pengetahuan soal agenda-agenda perubahan PDIP.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...