PDIP Serius Jajaki Kaesang Jadi Calon Walikota Depok

Andi M. Arief
19 Juni 2023, 16:39
Warga melintas di jalur pedestrian dengan latar belakang baliho dukungan Partai Solidaritas Indoensia (PSI) untuk Kaesang Pangarep maju menjadi wali kota Depok, Depok, Jawa Barat, Selasa (13/6).
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Warga melintas di jalur pedestrian dengan latar belakang baliho dukungan Partai Solidaritas Indoensia (PSI) untuk Kaesang Pangarep maju menjadi wali kota Depok, Depok, Jawa Barat, Selasa (13/6).

PDIP serius hendak mengusung putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, untuk menjadi calon Walikota Depok pada Pilkada 2024. Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto mengatakan telah menyampaikan tawaran tersebut kepada Kaesang.

Hasto mengatakan PDIP akan menyiapkan kebutuhan Kaesang untuk menjadi calon Walikota Depok pada tahun depan. Namun, kepesertaan Kaesang di PDIP harus melalui proses partai bersama kader lain.

"Proses itu melalui sekolah partai. Tanpa Sekolah Partai, kami tidak bisa mencalonkan seseorang menjadi Kepala Daerah," kata Hasto di Kantor Dewan Pers, Senin (19/6).

Hasto mencatat Sekolah Partai PDIP akan dibagi menjadi tiga tahapan, yakni pendidikan di ruang kelas, pendidikan di lapangan, dan penjabaran kebijakan yang dibuat selama pendidikan. Hasto hanya menyebutkan bahwa pendidikan di ruang kelas dilakukan antara 5-7 hari.

Hasto mencontohkan saat Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka dalam mengikuti Pilkada 2021. Menurutnya, Gibran mendapatkan pengetahuan terkait tata kelola pemerintahan selama mengikuti Sekolah Partai.

Hasto mengatakan Sekolah Partai akan mengajarkan kader PDIP membuat strategi dalam mengatasi beberapa isu, yakni penciptaan lapangan kerja, menyelesaikan permasalahan masyarakat, dan membangun masa depan daerah.

Akan tetapi, Hasto menegaskan keanggotan Kesang di PDIP harus secara sukarela dan mengedepankan kepentingan partai. Pada saat yang sama, Hasto menyatakan PDIP mengatur bahwa keluarga kader PDIP tidak boleh menjadi kader partai politik lain.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...